Misi Mulia di Balik Gelaran Borobudur Marathon 2019

Minggu, 17 November 2019 10:41 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Arif Budi Setyanto
Kesenian Tari Kinara Kinari menyambut peserta yang dilepas dari garis start Borobudur Marathon 2019, Minggu (17/11/19) Copyright: © INDOSPORT/Arif Budi Setyanto
Kesenian Tari Kinara Kinari menyambut peserta yang dilepas dari garis start Borobudur Marathon 2019, Minggu (17/11/19)

INDOSPORT.COM - Gelaran Borobudur Marathon 2019 akan menjadi penyelenggaraan untuk kali ketiga. Tak hanya menjadi agenda olahraga lari marathon terbaik se-Indonesia, tahun ini Borobudur Marathon mengusung misi yang sangat mulia.

Tahun ini, Borobudur Marathon mengusung tema 'Sinergy and Harmony'. Tema tersebut bukan hanya sebatas slogan belaka.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An mengungkapkan bahwa agenda tahunan ini lebih dari sekadar acara lomba lari.

Borobudur Marathon 2019 juga diharapkan bisa memberi manfaat yang baik bagi semua yang terlibat di dalamnya, termasuk masyarakat umum yang telah memberikan dukungan.

"Ketika pertama kali digelar tahun 2013 lalu, kami hanya melombakan lari 10 K. Namun kami terus berkembang hingga kini bisa menyelenggarakan Borobudur Marathon dengan tiga kategori lomba," ujar Liem Chie An dalam sesi konferensi pers di Hotel Grand Artos, Sabtu (16/11/19).

"Ini bukan lagi bicara tentang Magelang dan Jawa Tengah, tapi kami ingin menyelenggarakan marathon terbaik di Indonesia," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmadi.

"Ini penyelenggaraan yang ketiga. Artinya, event ini harus tumbuh dan terus berkembang menjadi lebih baik. Harus ada pembeda. Pemprov merasakan dampak baiknya dan menyambut baik adanya Borobudur Marathon 2019," kata Sinoeng.

Agenda utama Borobudur Marathon 2019 akan digelar pada Minggu (17/11/19) hari ini. Akan ada tiga kategori yang dilombakan, yani lari 10 K, half marathon (21,9 kilometer) dan full marathon (41,2 kilometer).

Pantia Borobudur Marathon 2019 menyediakan total hadiah sebesar Rp2,7 miliar. Untuk menyambut agenda utama lari marathon yang digelar besok, telah digelar Friendship Run pada Sabtu (16/11/19).