Di Tengah Isu Corona, Titan Run 2020 Ajak Pelari Jaga Kesehatan dan Diet Plastik

Kamis, 12 Maret 2020 00:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Media Titan Run 2020
Titan Run 2020 yang kembali hadir mencoba ambil bagian mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan. Copyright: © Media Titan Run 2020
Titan Run 2020 yang kembali hadir mencoba ambil bagian mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan.

INDOSPORT.COM - Penyebaran virus Corona tengah menjadi momok di seluruh dunia. Bahkan, wabah yang berasal dari China ini sudah merecoki jagat olahraga, terutama sepak bola, bulutangkis, dan MotoGP.

Meski menjadi badai menakutkan, bukan berarti orang-orang harus mengurung diri di rumah masing-masing. Titan Run 2020 yang kembali hadir mencoba ambil bagian mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Memasuki tahun kelima, Titan Run 2020 akan kembali diadakan dan dibuka untuk umum pada 8 Agustus mendatang. Selain mengajak masyarakat untuk hidup sehat, event lari ini juga digelar sebagai ungkapan syukur atas Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-75.

Tanggal kemerdekaan 17 Agustus 1945 tercermin dari kategori lomba lari maraton yang diusung oleh Titan Run, yakni 17,8K dan 45K Team Duo. Sedangkan 5K serta 10K tetap ada dan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, ada dua keunikan yang terdapat di Titan Run 2020. Pertama, para peserta akan mendapatkan race pack yang diantar langsung oleh kurir ke alamat masing-masing runners tanpa biaya tambahan apa pun karena sudah termasuk biaya pendaftaran.

Kedua, Titan Run 2020 juga mengajak semua runners untuk berlari bergembira dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Panitia pun berkomitmen untuk mengurangi pemakaian plastik dan mengganti kemasan ramah lingkungan.

Selain itu, yang menjadi ciri khas Titan Run 2020 adalah sajian makanan lezat serta durian untuk para peserta. Para pelari dipersilahkan menyantap makanan secara gratis setelah menyelesaikan perlombaan.

“Kategori 45K Team Duo adalah perlombaan lari yang dimulai secara bersamaan oleh kedua anggota team dengan jarak yang sama, yaitu 22.5K per-orang. Penilaian dilakukan dengan menjumlahkan waktu kedua pelari yang mencapai garis finis," kata Ketua Panitia Titan Run 2020, Ailiy, dalam rilis kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Podium pemenang untuk kategori 45K Team Duo disediakan untuk tiga tim tercepat berdasarkan catatan waktu, masing-masing satu dari kategori gender, yaitu wanita-wanita, pria-pria, dan campuran. Batas waktu lomba kategori ini adalah 3,5 jam," ucap Ailiy menambahkan.

Panitia menyediakan 6.000 slot untuk runners dari semua kategori, namun tahun ini pihak penyelenggara masih merahasiakan terkait lokasi perlombaan. Yang pasti hanyalah event ini akan berlangsung di daerah Tangerang.

"Untuk lokasi perlombaannya nanti akan kami umumkan menyusul kemudian di media sosial Titan Run 2020," tandas Ailiy.