Komunitas Sehat

Gelaran Ku Lari Ke Hutan Virtual Run: Cara Unik Melestarikan Hutan Sembari Olahraga Lari

Kamis, 14 Juli 2022 16:50 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
© Nugroho Sejati/kumparan
Atlet lari saat mengikuti tes event Asian Games 2018. Copyright: © Nugroho Sejati/kumparan
Atlet lari saat mengikuti tes event Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Berkolaborasi dengan platform lari 99 Virtual Race, gerakan Hutan Itu Indah (HII) kembali menggelar event Ku Lari Ke Hutan edisi ke-4.

Diadakan secara virtual, event Ku Lari Ke Hutan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Hutan Indonesia yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 7 Agustus.

Di samping itu, perhelatan ini juga bertujuan untuk dijadikan momentum ajakan masyarakat perkotaan, khususnya penggemar olahraga lari agar dapat berkontribusi dalam menjaga tutupan hutan Indonesia yang kondisinya kian terancam.

Rinawati Eko selaku Ketua Umum Gerakan Hutan Itu Indonesia menuturkan bahwa tujuan utama kegiatan Ku Lari Ke Hutan ini ialah sebagai kampanye agar Masyarakat Indonesia lebih tergerak hatinya untuk menjaga hutan.

“Kegiatan ini terinspirasi dari semangat teman-teman di perkotaan yang ingin bisa ikut melestarikan hutan, meski tinggal jauh dari hutan," tutur Rinawati.

Lebih lanjut dikatakan Rinawati, pesan yang ingin disampaikan HII lewat event berlari ini ialah menyampaikan kepada Masyarakat Indonesia tentang cara unik dan menyenangkan untuk melestarikan hutan.

Dirinya dan HII juga percaya bahwa sejatinya semua orang mampu menjaga hutan meski berada jauh dari lokasi hutan.

“Dengan berlari di Ku Lari Ke Hutan ini, harapannya supaya koneksi hutan dengan kita semakin terbangun, hutan pun menjadi dekat dengan kita," tutup Rina.