Modal Berharga Jelang SEA Games, Odekta Naibaho Juara di Ajang Jakarta Marathon 2022

Minggu, 16 Oktober 2022 17:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. Odekta Naibaho
Atlet lari, Odekta Elvina Naibaho berhasil menjadi juara pertama dalam kategori half marathon (21 kilometer) pada ajang bergengsi Jakarta marathon di Jakarta, Minggu (16/10/22). Copyright: © Dok. Odekta Naibaho
Atlet lari, Odekta Elvina Naibaho berhasil menjadi juara pertama dalam kategori half marathon (21 kilometer) pada ajang bergengsi Jakarta marathon di Jakarta, Minggu (16/10/22).

INDOSPORT.COM - Peraih medali emas pada pertandingan SEA Games Vietnam cabang olahraga lari marathon, Odekta Elvina Naibaho turut memeriahkan ajang Jakarta Marathon 2022 pada Minggu (16/10/22). 

Dalam perlombaan ajang lari bergengsi tersebut, Odekta berhasil menyabet juara pertama dalam kategori half marathon (21 kilometer). 

Memulai start pada pukul 06.00 WIB di depan area Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Odekta menjadi yang tercepat untuk menyentuh garis finish pada waktu 07.17 WIB. Olahragawan asal Kabupaten Dairi tersebut pun berhasil menambah daftar panjang kemenangannya pada olahraga maraton. 

Odekta yang merupakan atlet binaan Badan Intelijen Negara (BIN) ini, mengaku sangat menikmati maraton yang digelar oleh Pemprov melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta tersebut. Odekta mempersembahkan kemenangannya untuk BIN, sebagai lembaga yang telah membinanya untuk bisa berprestasi. 

"Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, prestasi ini saya persembahkan untuk pelatih dan keluarga, lalu kepada Kepala BIN, Profesor Doktor Budi Gunawan yang telah membina kita," ujar Odekta usai mengikuti lomba.

"Kami persembahkan medali ini untuk bapak. Lalu untuk Deputi ll BIN, Bapak Edmil Nurjamil yang telah memberikan dukungannya yang luar biasa untuk kami. Itu menjadi energi yang sangat positif untuk saya," tambahnya. 

Odekta juga mengapresiasi diadakannya kembali Jakarta Marathon setelah dua tahun lamanya vakum imbas merebaknya Pandemi Covid-19. 

Menurutnya, Jakarta Marathon sangat cocok dijadikan wadah bagi masyarakat yang ingin menyalurkan minat dan ketertarikannya pada olahraga maraton. 

Dia juga mengaku tidak pernah melewatkan setiap Jakarta Marathon diadakan. Keikutsertaannya pada Jakarta Marathon ke-9 ini, dijadikannya modal latihan untuk sejumlah agenda pentas olahraga yang akan diikutinya. Salah satunya yakni SEA Games di Kamboja pada 2023 mendatang. 

"Untuk jangka pendek saya akan berlomba dan mempersiapkan diri di SEA Games tahun depan di Kamboja, di bulan Mei. Lalu jangka panjangnya saya menargetkan diri masuk di tim Asian Games. Mudah-mudahan target itu bisa tercapai. Ini menjadi try out saya," ungkapnya.