Jelang SEA Games 2023, Ketua Harian ALTI Soroti Masalah Regenerasi Atlet Lari Indonesia

Kamis, 16 Maret 2023 16:30 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketua DPR RI sekaligus Ketua Harian ALTI (Asosiasi Lari Trail Indonesia), Muhammad Farhan, di Acara Press Conference Run To Care SOS Children's, Rabu (15/03/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketua DPR RI sekaligus Ketua Harian ALTI (Asosiasi Lari Trail Indonesia), Muhammad Farhan, di Acara Press Conference Run To Care SOS Children's, Rabu (15/03/23).

INDOSPORT.COM – Ketua harian Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI), Muhammad Farhan, berbicara soal regenerasi atlet lari di Indonesia.

Aktor yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI itu berharap setiap tahunnya Indonesia mampu mencetak atlet-atlet lari penerus yang berprestasi.

Menyoal cabang olahraga lari, Indonesia sejatinya memiliki sederet nama atlet yang berprestasi di bidang tersebut sejak puluhan tahun silam.

Mereka di antaranya ialah Eduardus Nabunome, Agus Prayogo, Mardi Lestari, Mohammad Sarengat, dan yang bakal mewakli Indonesia di SEA Games 2023 mendatang yakni Lalu Muhammad Zohri.

Namun sayangnya, rentan jarak regenerasi antara atlet-atlet lari tersebut terpaut jauh. Hal itulah yang dikhawatirkan oleh Muhammad Farhan.

“Eduardu Nabunome ke Agus Prayogo jaraknya jauh banget, demikian juga dengan kehadiran Muhammad Zohri ini yang tiba-tiba saja muncul setelah kita punya Mardi Lestari, sebelumnya lagi Sarengat,” kata Muhammad Farhan kepada INDOSPORT, usai konferensi pers Run To Care SOS Children’s, Rabu (15/03/23), di Jakarta Selatan.

“itu jaraknya jauh-jauh ya sekitar 30 tahunan, nah ini yang perlu kita khawatirkan,”ujar pria yang juga akrab disapa kang Farhan itu.

Muhammad Farhan juga berharap bahwa kedepannya para pelari muda di Indonesia banyak yang merambah menjadi atlet berprestasi.

“Kita khawatir bahwa regenerasi dari pelari track, marathon, road, ultra dan trail di Indonesia tuh kayak komet, munculnya 30 tahun sekali,” cetus Muhammad Farhan.

“Nah ini sebagai salah satu pembina olahraga lari berprestasi, kami sih inginnya kami memiliki metode berkepanjangan yang setiap tahun bisa melahirkan talent-talent yang prestasinya meningkat terus,” tutup Kang Farhan.