Mulia, Atlet Polandia Rela Lelang Medali Olimpiade untuk Biaya Operasi Balita

Rabu, 18 Agustus 2021 09:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Matthias Hangst/Getty Images
Maria Andrejczyk, atlet lempar lembing asal Polandia. Copyright: © Matthias Hangst/Getty Images
Maria Andrejczyk, atlet lempar lembing asal Polandia.

INDOSPORT.COM – Aksi mulia ditunjukkan oleh Maria Andrejczyk, selaku atlet lempar lembing Polandia yang rela melelang medali perak Olimpiade Tokyo 2020 untuk membantu biaya operasi seorang balita.

Maria Andrejczyk secara mengejutkan mengumumkan bahwa ia akan melelang medali perak yang diraihnya di Olimpiade Tokyo 2020, untuk membantu biaya operasi seorang balita bernama Miloszek, yang menderitan kelainan jantung.

Kabar tersebut diumumkan oleh Maria sepulang dirinya dari Jepang, di mana atlet berusia 25 tahun itu mengatakan bahwa Miloszek membutuhkan dana senilai 180 ribu dollar AS (Rp2,5 miliar) agar bisa melakukan operasi jantung.

Miloszek diketahui menderita penyakit jantung langka yang disebut Total Anomalous Pulmonary Venous Connection (TAPVC), yang pada dasarnya berarti bahwa pembuluh darah paru-parunya tidak berfungsi dengan benar, yang dilansir dari RT Sports.

Perjuangan sang balita untuk pulih pun membuat hati Maria terketuk, karena ia pasti mengetahui beratnya perjuangan Miloszek karena atlet Polandia itu juga sempat berjuang melawan kanker tulang dan akhirnya bisa pulih.

“Saya memikirikannya untuk waktu yang lama. Itu adalah penggalangan dana pertama yang saya lihat dan saya tahu itu adalah hal yang tepat,” kata Maria Andrejczyk tentang keputusannya.

“Miloszek memiliki kelainan jantung yang serius. Dia membutuhkan operasi, orang tuanya telah mengeluarkan uang banyak untuk Milosz,” tambahnya.