Mentereng di Seleksi Nasional, Atlet Sambo Sumsel Siap Perkuat Timnas

Jumat, 2 Februari 2018 16:39 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Abdurrahman Ranala
© Indosport.com
Logo Indonesia Sambo Copyright: © Indosport.com
Logo Indonesia Sambo

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya sukses mengantarkan satu orang atlet cabang olahraga (Cabor) Sambo , mengisi skuat Timnas pada Asian Games 2018 mendatang. Hal ini dibuktikan dengan hasil satu medali emas dan satu medali perunggu, saat mengikuti seleksi nasional (Seleknas) Asian Games 2018 kejuaraan cabor Sambo yang berlangsung di Padepokan Judo Indonesia Ciloto, Jawa Barat, 29-31 Januari kemarin. 

"Pengprov Sambo Sumsel kemarin mengirimkan dua orang atlet untuk berkompetisi di ajang seleknas yang diikuti oleh 17 provinsi di Indonesia. Alhamdulillah kedua atlet yang ditukangi pelatih Deni Saputra tersebut berhasil meraih medali yakni, medali emas oleh Sasli Rais yang turun di nomor sambo kombet kelas 82 kilogram setelah mengalahkan atlet Jabar," ujar Ahmad Yani selaku oficial dari tim Sumsel.

Lebih lanjut diungkapkan Yani, untuk medali perunggu diraih oleh atlet Sumsel atas nama Roberto Lumban Toruan di kategori sambo sport kelas 74 kilogram. 

"Dengan hasil ini, artinya satu orang atlet Sumsel atas nama Sasli Rais berhak mengisi skuat Timnas dan akan mengikuti seleksi akhir tingkat pada kejuaraan Asian Championship yang berlangsung bulan Mei mendatang."

© INDOSPORT/Effendi
Sambo Copyright: INDOSPORT/EffendiAtlet Sambo Sumatera Selatan.

Lebih lanjut dikatakan Yani, untuk cabor Sambo ini memang masih terbilang baru yang berasal dari Rusia. Cabor yang akan ditandingkan pada Asian Games ini, teknisnya adalah dari pinggang keatas judo, sementara pinggang kebawah gulat. Jadi penggabungan dari judo dan gulat. 

"Untuk kepengurusan di Sumsel sudah berjalan selama satu tahun yang diketuai oleh mantan Walikota Pagar Alam, bapak Jazuli Kuris. Ketua umum berharap untuk tahun-tahun mendatang cabor tersebut dapat menjadi andalan Sumsel dalam menambah  pundi-pundi emas. Saat ini sudah ada sekitar 15 orang atlet binaan Sumsel yang sebagian besar atlet junior," pungkasnya.