Selain Indonesia, 6 Bendera Negara Ini Pernah Dilecehkan

Minggu, 20 Agustus 2017 17:41 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bendera China, Nigeria, dan Australia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bendera China, Nigeria, dan Australia.

Ajang SEA Games 2017 baru resmi dibuka dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/08/17) semalam. Namun acara ini sudah menimbulkan "kegaduhan" di Tanah Air lantaran insiden bendera Merah Putih yang terbalik.

Dalam buku panduan yang diberikan ke para tamu undangan, terdapat gambar bendera Indonesia yang dibuat terbalik pada bagian informasi negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Hal ini seperti yang ditunjukkan dalam cuitan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Bukan hanya lambang negara Indonesia yang salah, tetapi juga bendera Brunei Darussalam dalam perlombaan renang indah nomor Duet Technical Routine. Bila diperhatikan dengan seksama, dalam gambar bendera Brunei itu, terpampang tiga garis warna yang dibuat diagonal, yakni putih, merah dan hitam.

Padahal dalam gambar bendera asli Brunei, hanya ada dua garis warna saja yang dibuat diagonal, yakni putih dan hitam.

© Troll ASEAN
Bendera Kontingen Indonesia terbalik. Copyright: Troll ASEANBendera Kontingen Indonesia dan Brunei yang salah.

Rupanya, insiden-insiden terkait bendera di ajang pesta olahraga ini bukan hal baru. Negara-negara besar macam Inggris dan China sudah pernah mengalami "pelecehan" di ajang sekelas Olimpiade.

"Bendera mungkin adalah representasi terpenting dari identitas suatu negara. Menampilkan bendera negara yang salah menunjukkan kurangnya respek," kritik Graham Bartram, Kepala Veksilologi (studi ilmiah tentang bendera) Inggris, kala bendera negaranya "dilecehkan" di Olimpiade.

Lantas negara mana saja yang pernah mendapat perlakuan serupa? Berikut INDOSPORT telah himpun enam negara yang pernah dipermalukan terkait kesalahan bendera di ajang olahraga internasional.