Peringati Haornas, Kemenpora: Olahraga Jangan Terpusat di Pulau Jawa Saja

Sabtu, 8 September 2018 19:29 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© diskominfotik.bengkaliskab.go.id
Logo Haornas. Copyright: © diskominfotik.bengkaliskab.go.id
Logo Haornas.

INDOSPORT.COM - Indonesia akan memperingati Hari Olahraga Nasional, atau biasa disebut dengan nama Haornas, setiap tanggal 9 September.

Pada momentum Haornas ke-35 di tahun 2018 ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengangkat tema ‘Ayo Olahraga Bangun Indonesia’ dan dipusatkan di Ternate, Maluku Utara.

Banyak harapan yang disematkan negara kepada olahraga, khususnya sebagai upaya pembangunan lintas sektor di Indonesia.

Hal ini tercermin dari suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 pada Agustus-September lalu di Jakarta dan Palembang.

“Kami ingin masyarakat selalu tergerak dan mendukung pembangunan semua lini kehidupan melalui pembudayaan olahraga baik anak-anak muda maupun lanjut usia,” kata Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dalam sambutannya di Pameran Peringatan Haornas 2018, Jumat (07/09/18) sebagaimana dilansir dari Antara.

Isnanta juga menambahkan penyelenggaraan Haornas ke-35 di Timur Indonesia tersebut sebagai upaya menumbuhkan semangat berolahraga agar tidak terpusat di Pualu Jawa saja.

Selain itu, Indonesia juga masih menyisakan perhelatan Asian Para Games di tahun 2018 ini.

“Melalui Haornas dan jelasng Asian Para Games, mari kita menjadi bangsa yang ramah bagi para difabel dan menyediakan akses khusus bagi mereka di tempat-tempat umum,” tutur Isnanta.

Adapun rangkaian acara Haornas di Ternate pada 7-9 September 2018 terdiri atas Pameran Nasional Peringatan Haornas, Gala Desa, Sepeda Nusantara, serta Pawai Obor Asian Para Games 2018.

Penulis: Martini

Ikuti Terus Berita Sport dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT