Komunitas Sehat

Olahraga Ampuh untuk Penderita Insomnia Supaya Dapat Tidur Nyenyak

Selasa, 1 Januari 2019 15:16 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Lanjar Wiratri
© CNN Indonesia
Ilustrasi orang tidur. Copyright: © CNN Indonesia
Ilustrasi orang tidur.

INDOSPORT.COM - Mengalami kesulitan tidur nyenyak di malam hari memang sangat menyiksa. Demi cara yang instan, obat tidur pun menjadi salah satu solusinya. Padahal, ada cara lebih sehat dan murah yang dapat dilakukan, yakni berolahraga.

Olahraga atau latihan fisik secara berkala akan memperbaiki kualitas tidur. Selain itu, olahraga juga dapat menyehatkan jantung dan membuat kondisi badanmu menjadi prima.

Menghilangkan insomnia dengan olahraga memang tidak bisa instan, mungkin butuh seminggu sampai 2 minggu untuk melihat perubahannya tapi hasil yang didapat pun lebih maksimal.

Ketika berolahraga fisik akan bergerak lebih keras dari biasanya, pada saat itulah metabolisme tubuh meningkat karena adanya pembakaran kalori pada tubuh. Proses pembakaran kalori tersebut yang akan menyebabkan pemanasan pada tubuh.

Sehabis olahraga, tentu tubuh butuh istirahat. Ketika beristirahat tubuh akan mengalami pendinginan, pada proses itulah tubuh akan memproduksi melatonin. Melatonin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus bangun dan tidur dengan baik.

Kadar melatonin yang rendah dalam tubuh akan menyebabkan tubuh menderita Insomnia.

Maka dari itu, INDOSPORT merangkum tiga olahraga yang dapat membantu untuk menghilangkan insomnia.

1