Komunitas Sehat

Patut Diketahui, Ini 3 Penyebab Kepala Pusing Usai Berolahraga

Selasa, 1 Januari 2019 18:56 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Isman Fadil
© Muscle Transfrom
Ilustrasi Berolahraga Copyright: © Muscle Transfrom
Ilustrasi Berolahraga

INDOSPORT.COM - Setiap hal pasti mempunyai dua sisi yang berbeda, yakni dampak positif dan negatifnya.  Begitu juga dengan olahraga, terkenal dengan berbagai manfaatnya, olahraga ternyata juga mempunyai sisi buruk yang harus kita hindari.

Tentunya tujuan dari berolahraga ialah agar tubuh dapat bertambah bugar dan juga sehat. Namun, jika dilakukan dengan cara yang salah, olahraga ternyata bisa membuat pusing lho!

Rasa pusing yang hadir setelah berolahraga biasanya terjadi saat melakukan olahraga yang berat atau olahraga berintensitas tinggi. Saat mengerahkan kekuatan tubuh secara berlebihan ketika berolahraga, hal tersebut yang menyebabkan jantung bekerja terlalu keras sehingga suplai darah ke otak pun menjadi berkurang.

Hal inilah yang menyebabkan rasa pusing datang dan justru mendatangkan penyakit setelahnya. Untuk menghindari hal tersebut, Berikut INDOSPORT.com mrrangkum tiga penyebab pusing yang timbul usai berolahraga.

1. Tekanan Darah Rendah

Ketika melakukan olahraga, jantung akan memompa darah lebih banyak ke pembuluh darah. Karena proses kerja jantung menjadi lebih keras akibatnya pembuluh darah melebar untuk menampung kelebihan darah.

Berhenti olahraga secara mendadak akan membuat kerja jantung berangsur normal, namun pembuluh dara pastinya membutuhkan waktu untuk menyesuaikannya. Hal itu lah yang menyebabkan penurunan tekanan darah yang menyebabkan kepala merasa pusing dan lemas.

2. Gula Darah Menurun Drastis

Kepala pusing sehabis berolahraga bisa jadi merupakan sebuah tanda bahwa kadar gula darah sedang turun. Tanda lainnya juga bisa dilihat dari timbulnya keringat dingin, badan lemas, dan gemetar.

Perlu diketahui, berolahraga sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong merupakan salah satu penyebab penurunasn kadar gula darah tiba-tiba.

Untuk mengontrol gula darah agar tetap pada ukuran normal, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein sebelum berolahraga, seperti sereal, nasi putih, telur, daging sapi, nasi, dan sebagainya.

3. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan keadaan ketika tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami pusing setelah berolahraga.

Selama berolahraga, tubuh pasti akan berkeringat lebih banyak daripada biasanya. Oleh karena itu, orang yang lebih berkeringat akan memerlukan cairan dalam tubuh lebih banyak.

Untuk menghindari dehidrasi, perbanyaklah minum air putih dan perhatikan asupan cairan yang masuk dalam tubuh ketika hendak berolahraga. 

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola dan  Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%