Komunitas Sehat

Pilihan Olahraga Rutin untuk Anda yang Duduk di Kursi Roda

Rabu, 16 Januari 2019 11:00 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Memiliki keterbatasan fisik dan harus pakai kursi roda bukan menjadi akhir dari aktivitas untuk berolahraga.

Meski disabilitas dapat membatasi jenis aktivitas fisik yang Anda lakukan, masih ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap aktif, mengelola daya tahan tubuh sekaligus menyehatkan tubuh Anda. Memakai kursi roda bukan halangan untuk beraktivitas, termasuk olahraga.

Anda tetap bisa melakukan olahraga seperti orang lain lakukan. Namun, memang ada batasan dalam olahraga yang Anda lakukan. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti latihan peregangan.

Latihan Peregangan untuk Orang yang Pakai Kursi Roda

Kursi roda adalah salah satu alat bantu bagi orang yang tidak mampu lagi berjalan dengan kakinya sendiri. Pemakai kursi roda mempunyai beberapa alasan mengapa ia menggunakannya. Bisa karena usia yang semakin menua, kecelakaan atau cedera, amputasi, atau karena penyakit tertentu.

Lakukanlah olahraga yang Anda sukai.  Jika Anda tidak terbiasa olahraga atau sudah lama tidak olahraga, cobalah mulai perlahan-lahan.

Jika olahraga yang Anda lakukan menyebabkan rasa sakit, segera hentikan dan periksakan ke dokter. Selalu konsultasikan penyakit yang dirasakan dengan dokter Anda.

Sebagian besar pengguna kursi roda lebih sering menggunakan tubuh bagian atas, terutama bagian bahu dan lengan. Ini akan menyebabkan tekanan atau ketegangan pada sendi dan otot.

Maka, pengguna kursi roda sering mengalami nyeri bahu. Oleh karena itu, Anda perlu memperkuat otot punggung dan meregangkan otot-otot dada dengan melakukan latihan peregangan.

Latihan peregangan bisa menjadi pilihan olahraga terbaik untuk pengguna kursi roda. Cara ini dilakukan untuk membangun kekuatan dan meningkatkan gerakan pasien.

Ketika dilakukan dengan perawatan lainnya, latihan ini dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kebugaran pengguna kursi roda. Setiap kali akan mulai berolahraga, ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dulu selama lima menit.

Berikut beberapa tips yang diberikan untuk dapat Anda lakukan, dirangkum INDOSPORT dari Hello Sehat.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%