Mengendal Haridas, Binaragawan Mini Asal India

Rabu, 30 Januari 2019 16:31 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Onanorama
Binaragawan mini dari India. Copyright: © Onanorama
Binaragawan mini dari India.

INDOSPORT.COM – Menjadi seorang binaragawan tidak harus memiliki tubuh yang dianggap ‘sempurna’, seperti otot yang sangat besar atau tinggi badan yang ideal.

Seorang binaragawan mini asal India, Haridas telah membuktikannya menjadi seorang pelatih kebugaran yang cukup sukses meski hanya memiliki tinggi 121 cm saja.

Orang tuanya menyadari bahwa Haridas memiliki masalah pertumbuhan ketika ia berusia satu tahun. Ketika semua orang di sekitar mereka skeptis dengan masa depan Haridas, orang tuanya memastikan dirinya terus memiliki motivasi untuk tetap percaya diri.

Pria yang kini berusia 24 tahun itu semasa sekolahnya dihabiskan pergi ke Gym di pinggir jalan di daerah Thrissur untuk menghabiskan waktu senggangya, disadur dari portal berita olahraga, Manorama Online.

Ia juga selalu menyapa dan berkonsultasi perihal kegiatannya dalam berolahraga dengan sang pemilik gym, Joshi setiap harinya saat Haridas mengunjungi pusat kebugaran tersebut.

Empat tahun lalu, Joshi menyarankan Haridas untuk mulai menjadi binaragawan. Tingginya yang beda dari yang lain sempat membuat ia kesulitan.

Tapi dia melanjutkan tekatnya untuk berpartisipasi dalam acara khusus binaragawan dalam dua tahun. Kerja kerasnya menuai hasil, ia diputuskan menjadi juara satu di India dalam ajang tersebut.

Haridas bergabung dengan gimnasium Muthuvara sebagai pelatih empat bulan lalu, dan memiliki total 60 anak didik hingga saat ini. Ia juga berencana untuk berpartisipasi dalam kompetisi binaraga nasional di Piala Federasi yang akan diadakan di Bhopal pada akhir Januari ini.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM