Demi Sukseskan Paralimpiade 2024, Prancis Bangun Pusat Olahraga Khusus Difabel

Minggu, 10 Februari 2019 19:19 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter/Paris2024
Logo Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024. Copyright: © Twitter/Paris2024
Logo Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

INDOSPORT.COMPrancis yang akan menjadi tuan rumah Paralimpiade 2024, mulai mempersiapkan diri. Fasilitas berupa pusat olahraga khusus difabel segera dibangun.

Pusat olahraga khusus difabel itu sesuai rencana akan diberi nama “Prisme”, yang terletak di kota Bobigny, provinsi Seine-Saint-Denis. Fasilitas tersebut diperkirakan akan rampung pada 2023 mendatang, setahun sebelum penyelenggaraan.

Kota Seine-Saint-Denis sendiri memang rencananya bakal menyediakan dua venue atau arena pertandingan Paralimpiade 2024. Kedua venue tersebut adalah Aquatic Centre dan Stadion Stade de France. Selain itu, di kota tersebut juga akan ada wisma atlet.

"Ide pembangunan Prisme ini merupakan bentuk dedikasi sekaligus untuk memberikan tempat latihan," kata Gubernur Seine-Saint-Denis, Stephane Troussel kepada Le Parisiens seperti dilansir dari Inside The Games.

"Konsep yang kami bayangkan adalah tempat itu untuk para penyandang disabilitas dan membuatnya menjadi unik. Nilai-nilai ini membuat kita merefleksikan warisan Paralimpiade yang mencerminkan masyarakat yang lebihi memuat banyak orang," tambahnya.

Dengan perkiraan memakan biaya 550 miliar rupiah, pembangunan pusat olahraga ini sangat besar, yang mencapai 15.000 meter persegi, dan dilengkapi fasilitas berupa papan penunjuk, lampu, dan tanda di lantai untuk membantu para penyandang disabilitas.

Tak hanya itu, pusat olahraga ini juga menyediakan kebutuhan peralatan olahraga difabel, dengan kemungkinan menambah trek atletik. Sehingga, dengan dibangunnya fasilitas tersebut, diharapkan kompetisi nasional maupun internasional dapat berlangsung seterusnya disana.

Terus Ikuti Update Seputar Olimpik dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM