3 Piala Dunia yang Pernah dan Akan Digelar di Indonesia

Senin, 11 Februari 2019 13:07 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Instagram
Indonesia, Filipina, dan Jepang menjadi tuang rumah Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Copyright: © Instagram
Indonesia, Filipina, dan Jepang menjadi tuang rumah Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

INDOSPORT.COM - Indonesia memang belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA. Berikut 3 Piala Dunia yang pernah digelar di Indonesia. 

Masyarakat Indonesia yang sangat menyukai sepak bola, sudah sejak lama menginginkan agar Timnas Sepak Bola Indonesia berlaga di Piala Dunia FIFA. 

Meski begitu, Timnas Indonesia selalu gagal di babak kualifikasi Zona Asia. Berbagai cara pun sempat diusulkan agar Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia, salah satunya adalah dengan pindah ke Zona Ocenia yang lawannya dianggap relatif lebih mudah daripada lawan di Zona Asia. 

Satu cara lagi yang juga populer agar Indonesia bisa ke Piala Dunia FIFA adalah dengan menjadi tuan rumah. Isu itu sudah berkembang sejak lama, dan pemerintah juga beberapa kali menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. 

Dulu, memang menjadi tuan rumah Piala Dunia cukup sulit untuk Indonesia karena jumlah stadion yang memenuhi standar FIFA hanya sedikit. Tapi sekarang sudah ada beberapa yang sesuai standar FIFA dari segi kapasitas. 

Contohnya Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Palaran, dan Stadion Utama Riau, serta akan disusul oleh Stadion Papua Bangkit dan Stadion Barombong. 

Karena belum mencapai 10 stadion, opsi untuk menjadi tuan rumah bersama pun mulai dicetuskan. Indonesia dianjurkan untuk mencalonkan tuan rumah bersama Thailand. 

Tetapi kita lupakan sejenak soal Piala Dunia FIFA. Karena nyatanya, Indonesia sudah pernah menggelar Piala Dunia di cabang olahraga lain, dan ada satu Piala Dunia lagi yang akan digelar di Indonesia. 

Berikut INDOSPORT merangkum 3 Piala Dunia yang pernah dan akan digelar di Indonesia. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%