Komunitas Sehat

Sakit Kepala Saat Berolahraga? Ini Dia Penjelasan dan Solusinya

Kamis, 14 Februari 2019 19:35 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Muscle Transfrom
Ilustrasi Berolahraga di treadmil Copyright: © Muscle Transfrom
Ilustrasi Berolahraga di treadmil

INDOSPORT.COM – Pernahkah anda mengalami sakit kepala saat sedang menjalani aktivitas olahraga? Ternyata hal tersebut memiliki penjelasan dan solusinya.

Menurut seorang neurolog olahraga di Institut Cedars-Sinai Kerlan-Jobe, Ilan Danan, MD, MSc, jika anda melakukan insensitas olaharaga yang tinggi maka merasakan sakit kepala adala hal yang cukup wajar.

Ada dua jenis sakit kepala yakni primer dan sekunder. Sakit kepala primer biasanya berlangsung antara lima menit hingga 48 jam, sementara sekunder bisa berlangsung lebih lama serta lebih parah dan biasanya dikaitkan dengan gejala penyakit.

Biasanya olahraga berat bisa dengan cepat menimbulkan rasa sakit kepala, terutama angkat berat dengan insensitas yang tinggi karena adanya peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah otak dan akan lebih rentan terjadi dibandingkan dengan bersepeda atau jogging.

Penyebab lain dan faktor risiko termasuk perubahan ketinggian, dehidrasi, panas, kelembaban, dan gula darah rendah. Tetapi sebagian besar terjadi karena terlalu keras beraktivitas, dikutip dari Women Health.

Bagaimana cara mengobatinya? Jika anda mengalami sakit kepala sekunder maka anda perlu memeriksakannya ke dokter. Namun sakit kepala akibat berolahraga biasanya sembuh dengan sendirinya.

Selain itu anda bisa mengonsumsi obat antiinflamasi (obat meredakan nyeri), baik yang dijual bebas atau dengan resep dokter dan dikonsumsi 30 menit sebelum latihan.

Namun, jika Anda berolahraga hampir setiap hari ada baiknya mempertimbangkan kondisi lingkungan dan cuaca sebagai penyebab timbulnya rasa sakit kepala demi mengurangi penggunaan obat sakit kepala bisa menjadi solusi yang sederhana.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Tips dan Trik Lainnya Hanya di INDOSPORT
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%