Jepang Ciptakan Teknologi Canggih untuk Olimpiade Tokyo 2020

Selasa, 19 Februari 2019 15:36 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Japan Times
Obor Olimpiade Tokyo 2010 dibuat dari puing-puing alumunium bencana tsunami dan nuklir Fukushima Copyright: © Japan Times
Obor Olimpiade Tokyo 2010 dibuat dari puing-puing alumunium bencana tsunami dan nuklir Fukushima

INDOSPORT.COM – Para ilmuwan Jepang sedang mengembangkan sistem teknologi canggih berupa alat pendeteksi hujan secara akurat untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Ilmuwan telah menciptakan radar teknologi tinggi yang mampu menghasilkan peta awan hujan tiga dimensi dalam waktu 30 hingga 60 detik, dan merupakan peningkatan yang signifikan pada sistem sebelumnya yang hanya mengukur dalam waktu hingga lima menit.

Mereka juga menggunakan gelombang radio untuk memperkirakan jumlah uap air di udara untuk membuat alat tersebut lebih akurat, menurut Katsuhiro Nakagawa, direktur Remote Sensing Laboratory di Institut Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (NICT).

Jepang adalah salah satu negara yang paling aktif mengalami gempa bumi dan sering mengalami bencana alam yang parah, termasuk banjir dan tanah longsor yang menewaskan puluhan orang setiap tahunnya.

Karena itu, mereka berinisiatif menciptakan teknologi peringatan dini yang canggih dan sistem mitigasi bencana, dan secara teratur mengadakan latihan darurat di sekolah.

Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 dan Piala Dunia Rugby 2019 telah menyuarakan keprihatinan bahwa fenomena cuaca ekstrem seperti angin topan atau gelombang panas dapat menyebabkan kekacauan.

"Kami percaya teknologi kami akan dapat memberikan data yang berguna sehingga orang yang mengadakan acara di luar ruangan dapat menyimpannya dengan aman," kata Nakagawa kepada AFP.

Di masa depan, teknologi ini dapat membantu penyelenggara acara outdoor lainnya, seperti festival kembang api dan kompetisi olahraga, atau dapat menghasilkan layanan cuaca lokal yang tepat dan dirilis hanya di kota-kota yang terkena dampak.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM