Resmi! Panjat Tebing Jadi Cabor Pertandingan di Olimpiade 2024

Minggu, 24 Februari 2019 10:38 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© dok IFSC
Ilustrasi panjat tebing. Copyright: © dok IFSC
Ilustrasi panjat tebing.

INDOSPORT.COM - Olimpiade 2024 di Prancis memang masih baru akan berlangsung lima tahun lagi. Namun, Prancis sebagai tuan rumah sudah memulai berbagai persiapan.

Salah satunya adalah mengumumkan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang multi event terbesar di dunia tersebut.

Baru-baru ini, mereka menyatakan bahwa akan ada empat cabang olahraga baru yang akan menghiasi Olimpiade 2024. Keempat olahraga itu antara lain panjat tebing, breakdance, skateboard, dan surfing.

Keputusan ini diumumkan dalam konferensi pers yang digelar oleh Paris Organising Committee of the Olympic & Paralympic Games (Paris 2024), Kamis (21/2) seperti dikutip dari laman resmi IFSC.

Kabar masuknya panjat tebing sebagai cabor di Olimpiade 2024 ini pun mendapat banyak respons positif. Salah satunya datang dari Preisden IFSC (induk tertinggi olahraga panjat tebing dunia), Marco Scolaris.

“Kami berterima kasih atas pengakuan tentang nilai panjat tebing dan apa yang telah dilakukan IFSC. Kami bangga menjadi bagian dari proses ini dan kami menantikan langkah-langkah selanjutnya,” katanya.

Tidak hanya dari dunia internasional, Ketua FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia), Pristiswan Buntoro juga mengaku bangga karena perkembangan olahraga panjat tebing semakin menunjukkan tajinya.

“Patut kita syukuri. Ini akan menjadikan perkembangan olahraga panjat tebing Indonesia semakin mendekati puncaknya,” kata Pris seperti dikutip dari rilis yang diterima portal berita olahraga INDOSPORT.

Nantinya format pertandingan panjat tebing di Olimpiade 2024 berisi kuota 16 putra dan 16 putri untuk speed world record, serta 20 putra dan 20 putri untuk combine lead dan boulder. Sehingga total kuota atlet sebanyak 72 orang.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM