Uzbekistan Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030

Kamis, 28 Februari 2019 23:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
© Getty Images
Atlet lompat tinggi, Svetlana Radzivil. Copyright: © Getty Images
Atlet lompat tinggi, Svetlana Radzivil.

INDOSPORT.COMUzbekistan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di kawasan Asia yakni Asian Games 2030 mendatang.

Dilansir dari Insidethegames, Komite Olimpiade Nasional Republik Uzbekistan mengonfirmasi rencana tersebut setelah kunjungan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OA) Sheikh Ahnad Ak-Fahad Al-Sabah di ibu kota negara, Tashkent.

“Para pihak membahas kemungkinan penyelenggaraan Asian Games 2030 di dua kota di Uzbekistan, Tashkent dan Samarkand,” demikian pernyataan Komite Olimpade Uzbekistan.

Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 1951, turnamen multi olahraga se-Asia ini memang belum pernah diselenggarakan di Asia Tengah, tepatnya di negara salah satu pecahan  Uni Soviet itu.

Uzbekistan sendiri melakukan debutnya di turnamen pada tahun 1994 di Hirosima, Jepang, di mana mereka juga baru saja memerdekakan diri dari Uni Soviet. Dalam debutnya, negara Asia Tengah itu memenangkan 342 medali, termasuk 84 medali emas.

Pada edisi Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang lalu, Uzbekistan meraih 70 medali, 14 lebih banyak dari edisi sebelumnya di Guangzhou mereka berhasil memecahkan rekor pendapatan medali terbanyak yakni dengan 21 medali emas.

Untuk menjadi tuan rumah, Uzbekistan harus bersaing dengan Indiai, yang sudah dua kali menggelar turnamen, dan Qatar yang sempat menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2006 lalu.

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games Lainnya Hanya di INDOSPORT.