Komunitas Sehat

Bisa Jadi Alternatif Olahraga, Ini 4 Manfaat Menari untuk Kesehatan

Senin, 4 Maret 2019 18:13 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INTERNET
Ilustrasi: Dance Hip-hop Copyright: © INTERNET
Ilustrasi: Dance Hip-hop

INDOSPORT.COM - Kerap kali, olahraga identik dengan berbagai aktivitas berat, persiapan yang matang, dan segudang peralatan yang harus dipersiapkan dengan baik.

Hal inilah yang menjadi beban dan menambah rasa malas dalam berolahraga. Padahal tanpa disadari, ada alternatif kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan namun mempunyai manfaat yang sama dengan olahraga. Salah satunya ialah menari.

Bagi orang yang tidak menyukai olahraga yang berat seperti lari, fitness work-out, bela diri, angkat beban, dan sebagainya. Menari atau dalam artian menggerakan tubuh sesuai pola dengan diiringi oleh musik bisa dijadikan sebagai pengganti aktivitas olahraga.

Terlebih dengan adanya perkembangan zaman, kini banyak bermunculan variasi senam yang digabungkan dengan unsur jenis tarian dan musik yang beragam, seperti Zumba, Belly Dance, Pole Dance, Pound Fit, Tap Dance, Salsa, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih lanjutnya, berikut INDOSPORT rangkum empat manfaat menari sebagai kegiatan alternatif untuk yang malas berolahraga.

1. Mengurangi kadar stress dan depresi

Ada dua jenis tempo musik yang digunakan dalam kegiatan menari, yakni slow dan up beat. Jenis musik dengan tempo lambat akan membantu untuk merileksasi pikiran agar dapat lebih tenang, sebaliknya jenis musik dengan tempo cepat juga dapat berguna untuk meningkatkan semangat yang mulai turun dan mendorong tubuh untuk lebih mudah bergerak.

Jika tenang dan semangat sudah didapatkan di dalam diri, maka kadar stres dan depresi dalam jiwa juga akan menurun drastis.

2. Meningkatkan mood

Terlihat mudah untuk dilakukan, menari ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa untuk meningkatkan mood dalam diri agar lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dengan bergerak mengikuti alunan musik (terlebih jenis musik up beat), tanpa sadar akan menghasilkan zat endorphin atau anti-depresan alami dalam otak yang akhirnya membuat mood menjadi lebih bahagia.

3. Membuat tubuh menjadi lebih fleksibel

Dalam satu tarian saja, akan ada banyak gerakan yang dilakukan oleh tubuh. Secara tidak sadar, dengan menari tubuh akan menjadi lebih lentur dan fleksibel karena biasa digerakkan. Jika fleksibilitas tubuh meningkat, maka potensi tubuh untuk terkena cedera menjadi lebih sedikit.

4. Meningkatkan daya ingat

Terbiasa bergerak sesuai pola dan ketukan irama, membuat daya ingat menjadi terasah. Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian yang telah dipublikasikan lewat jurnal di The New England Journal of Medicine, menari dapat mencegah demensia (kemampuan otak yang menurun) dan meningkatkan memori atau daya ingat.

Terus Ikuti Berita Sportainment Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%