Komunitas Sehat

Tips Kesehatan Cegah Autoimun Seperti yang Diderita Ibunda Mikha Tambayong

Senin, 4 Maret 2019 20:15 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Lanjar Wiratri
© Instagram
Senyum manis Mikha Tambayong bikin hati lelaki tidak mau kehilangan. Copyright: © Instagram
Senyum manis Mikha Tambayong bikin hati lelaki tidak mau kehilangan.

INDOSPORT.COM - Dunia hiburan kembali digemparkan dengan kabar duka yang mendalam atas kepergian Ibunda dari artis Mikha Tambayong, Deva Sheila Malaiholo pada Minggu (03/03/19) pukul 16.20 WIB. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Deva sedang menjalani perawatan intensif di RS Premiere Jatinegara.

Diketahui, Deva meninggal karena menderita penyakit Autoimun (Sjorgen Syndrome) yang sudah ia lawan selama setahun belakangan ini.

Sjorgen Syndrome merupakan kelainan autoimun (kondisi di mana sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang kesehatan tubuh) secara kronis yang menyebabkan kelenjar penghasil air dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Meski namanya masih asing didengar, namun penyakit ini terhitung penyakit yang relatif umum.

Gejala paling umum dari penyakit ini ialah mata kering dan mulut kering. Tapi tidak hanya itu, penyakit ini juga bisa menimbulkan peradangan pada kelenjar air mata, paru-paru, ginjal, saraf, dan pembuluh darah.

Penyakit ini bisa menyerang berbagai kalangan usia. Namun, dalam banyak kasus pasien yang terdiagnosis penyakit ini berada di usia sekitar 40-an dan berjenis kelamin wanita.

Oleh karena itu, berikut INDOSPORT ulas sedikit tips untuk mencegah penyakit Autoimun atau Sjogren Syndrome yang bisa dilakukan dari sekarang.

1. Olahraga secara rutin

Tidak dapat dipungkiri, menjaga disiplin dalam berolahraga selalu menjadi salah satu cara ampuh untuk mencegah penyakit. Begitu pun dengan mencegah penyakit Autoimun ini, melakukan olahraga dan aktivitas fisik ringan secara rutin akan membantu sel-sel dalam tubuh bergerak secara optimal, selain itu sistem enzim dan hormon akan bekerja lebih teratur.

2. Sering lakukan relaksasi

Cari dan pilih metode relaksasi yang paling tepat untuk mengatasi stress, seperti pijit, meditasi, yoga, dan sebagainya, setelah itu lakukanlah secara rutin. Karena tanpa disadari, stress menjadi salah satu pemicu berbagai penyakit untuk lebih mudah datang. Stress dapat menganggu kesehatan dan keseimbangan diri, jika dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan kemampuan sistem imun tubuh menurun dan berkembang menjadi penyakit auto imun.

3. Rajin minum air putih

Hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi dan kekeringan pada tubuh. Selain untuk mengatasi kekeringan pada mulut, rajin minum air putih berfungsi untuk menunjang produksi air liur.

4. Penuhi tubuh dengan asupan Omega 3

Selain bagus untuk perkembangan dan fungsi otak, Omega 3 juga berfungsi sebagai anti peradangan alami yang berguna untuk mengatasi radang pada tubuh. Jika tubuh sudah mengonsumsi omega 3 dengan cukup, maka sistem imun dalam tubuh akan tetap aktif dan bekerja optimal sehingga dapat mencegah terjadinya kegagalan fungsi yang dapat menyebabkan tubuh menderita penyakit autoimun.

Ikuti Terus Update Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%