Tips Aman dan Jitu Workout Menggunakan Ilmu Taichi

Rabu, 17 April 2019 19:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Pingminghealth.com
Ilustrasi sejumlah orang melakukan gerakan olahraga Taichi. Copyright: © Pingminghealth.com
Ilustrasi sejumlah orang melakukan gerakan olahraga Taichi.

INDOSPORT.COM – Ilmu bela diri Tai Chi bukan lagi menjadi ilmu bela diri dengan tingkat kesulitan tinggi. Ternyata, cabang beladiri asal China ini bisa diaplikasikan ke dalam gerakan workout ringan.

Tai Chi merupakan salah satu cabang bela diri dari China yang berkembang ribuan tahun tahun yang lalu. Tai Chi ini mengandalkan spiritualisme dalam ajaran Taoisme, yang diartikan sebagai ‘yang paling utama’.

Latihan yang dipopulerkan oleh Jack Ma dan Jet Li ini sendiri terdiri unsur yin dan yang, yang membawa harmonisasi, kedamaian dan keseimbang setiap orang yang melakukannya. Nah, adanya unsur yin dan yang ini membuat Tai Chi memiliki banyak manfaat bagi orang di segala usia.

Menurut laman berita sport Men’s Health, manfaat Tai Chi ini di antaranya: mengurangi stres, meningkatkan kekuatan dan keseimbangan, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi dan nyeri kronis.

Unsur yin dan yang dapat menggabungkan gerakan lambat dan halus dengan pukulan tajam yang sering terlihat dalam gerakan bela diri. Gerakan ini terdiri dari sikap rendah dan kekuatan eksplosif.

Biasanya gerakan ini juga dikenal sebagai “tinju bayangan”, di mana tai chi menyediakan teknik bertarung serta latihan keseimbangan dan kekuatan. Lantas, bagaimana Tai Chi bisa digunakan dalam latihan Anda sehari’-hari?

Dengan menggunakan gerakan tai chi, kekuatan dimulai dari pusat, kemudian mengembang ke segara arah dan mencapai puncaknya. Jika diterapkan di gym, gerakan ini sama seperti latihan resistensi.

Menerapkan tiga prinsip dasar tai chi dapat meningkatkan workout Anda. Begini caranya:

1. Temukan keseimbangan tubuh dah kurangi ketegangan yang tidak perlu (membuka sendi, membuka dasar panggul, dan lain-lain).

2. Membayangkan tangan dan kaki seperti selang yang memompa air dengan intensitas cukup untuk memberi Anda perasaan kekuatan halus. Kemudian tangguhkan kepala Anda seolah-olah sebuah balon dan biarkan tubu tenggelam. Kurangi ketegangan yang tidak perlu.

3. Perlahan-lahan, rasakan resistensi dari beban sebelum menariknya dan siapkan diri untuk menggeser beban ketika memutar pingul Anda. Terakhir, ulangi gerakan di atas dengan menyatukan pikiran dan tubuh Anda.

Ikuti Terus Berita Komunitas Sehat dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%