Wajib Coba! 4 Pilihan Olahraga untuk Cegah Kelelahan

Sabtu, 20 April 2019 18:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Lafayette Family
Olahraga berat juga menyebabkan tubuh kelelahan Copyright: © Lafayette Family
Olahraga berat juga menyebabkan tubuh kelelahan

INDOSPORT.COM – Masih ingat dengan kasus wafatnya sejumlah anggota KPPS karena kelelahan usai mengawal Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden, Wakil Presiden, dan legislatif pada 17 April 2019 lalu? Ya, faktor kelelahan bukan tidak mungkin dapat mengancam nyawa seseorang.

Sejatinya kekelahan memang manusiawi, terlebih bagi para pekerja harian. Namun rasa lelah ini tidak boleh dibiarkan berlarut dan diabaikan setiap hari, karena bisa saja menyebabkan rasa sakit yang tidak diinginkan, bahkan bisa berujung pada kematian.

Kelelahan juga tidak hanya berasal dari aktivitas fisik yang menguras energi, melainkan turut disebabkan oleh kurangnya istirahat dan masalah psikologis lainnya seperti cemas.

Guna meningkatkan stamina pada tubuh dan mengatasi kelelahan, ada beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan.

Berikut INDOSPORT.COM merangkum empat pilihan olahraga untuk mengatasi kelelahan yang wajib dicoba.

1. High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT merupakan jenis olahraga yang mengkombinasikan latihan intensitas tinggi dan intensitas rendah, namun tetap diselingi dengan waktu istirahat. Bagi pemula, HIIT dapat dilakukan dengan pemanasan selama 7 menit meliputi jumping jack, lari di tempat, skipping dan stretching otot.

Selanjutnya masih di sesi HIIT, lakukan gerakan push up, burpees, sit up, squat, lalu diselingi dengan istirahat. Ulangi aktivitas tersebut hingga empat atau lima kali tergantung ketahanan tubuh. Jangan lupa tutup aktivitas HIIT dengan gerakan pendinginan.

2. Circuit Training

Circuit training merupakan jenis olahraga yang mengkombinasikan latihan aerobik dan kekuatan, namun dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Lakukan aktivitas lompat tali, lari bolak-alik, sit up, push up dan back up selama beberapa kali dalam satu waktu.

Aktivitas ini dapat disesuaikan pula dengan pilihan gerakan lainnya dan durasi yang diinginkan. Lakukan circuit training setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

3. Aerobik

Aerobik diartikan sebagai olahraga yang memerlukan banyak oksigen dan melibatkan banyak otot besar untuk memacu kerja jantung. Adapun pilihan olahraga ini misalnya berjalan, jogging, bersepeda, atau berenang.

Bagi pemula, aktivitas ini dapat dilakukan selama 30 menit. Namun durasi dapat ditambah sesuai kemampuan tubuh, dan lakukan setidaknya tiga hari dalam seminggu.

4. Angkat Beban

Angkat beban terbukti tidak hanya meningkatkan kekuatan tubuh, namun juga dapat menambah stamina otot. Adapun beban yang diangkat mesti memiliki berat yang cukup dan dapat menimbulkan efek kelelahan pada otot.

Sementara itu, otot yang bisa menjadi target angkat beban misalnya otot bahu, dada, perut, punggung, dan lengan. Lakukan angkat beban dalam 8-15 repetisi, dan lanjutkan setidaknya dua hari dalam seminggu.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Tips dan Trik Olahraga Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%