Komunitas Sehat

Olahraga Ajaib yang Bisa Lawan Serangan Jantung seperti Iker Casillas

Kamis, 2 Mei 2019 12:02 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Lanjar Wiratri
© Doylestown Health
Ini olahraga ajaib yang bisa lawan serangan jantung. Copyright: © Doylestown Health
Ini olahraga ajaib yang bisa lawan serangan jantung.

INDOSPORT.COM - Serangan jantung dapat menimpa siapa saja, tak terkecuali para atlet dan olahragawan. Penyakit ini datang tiba-tiba dan tak ada tanda apapun sebelum menyerang seseorang.

Kiper andalan FC Porto, Iker Casillas, harus segera dilarikan ke rumah sakit lantaran terkena serangan jantung saat latihan. Hal ini membuktikan bahwa penyakit tersebut tak hanya menyerang orang biasa, tapi juga mereka yang hidup di dunia olahraga.

© Getty Images
Iker Casillas, saat masih bermain di Real Madrid. Copyright: Getty ImagesIker Casillas, saat masih bermain di Real Madrid.

Meski terkesan menakutkan, ternyata ada beberapa olahraga khusus yang bisa kita lakukan untuk melawan serangan jantung seperti dilansir dari situs resmi University of Michigan. Olahraga tersebut dibagi dua, yaitu ringan dan berat.

1. Olahraga Ringan

Aktivitas yang termasuk dalam olahraga ringan adalah jalan cepat, bersepeda, dan aktivitas yang disebut Ballroom Dance. Lakukan hal tersebut minimal 30 menit per hari selama lima hari seminggu. Namun, akan lebih baik jika dilakukan tujuh hari seminggu.

Tak perlu melakukan tiga hal tersebut sekaligus dalam satu hari. Pilihlah yang Anda suka dan lakukan. Untuk Ballroom Dance, Anda bisa menari Samba, Tango, Quickstep, Cha-Cha, dan sebagainya.

2. Olahraga Berat
Aktivitas yang termasuk dalam olahraga berat adalah jogging atau bersepeda cepat. Anda bisa melakukan hal tersebut minimal 25 menit setiap hari dalam jangka waktu tiga hari per minggu. Olahraga ini tidak harus dilakukan secara berkesinambungan.

Anda bisa melakukannya hari ini, dan beristirahat besok. Lusa, Anda melakukannya lagi dan seterusnya.

Salah satu tujuan dari dua jenis olahraga tersebut adalah meningkatkan detak jantung. Jika Anda benar dalam melakukan aktivitas tersebut, detak jantung akan meningkat dan Anda akan merasa lebih bertenaga, bersemangat, dan percaya diri.

Meski dua hal itu sudah mampu untuk mencegah penyakit jantung, ada beberapa hal lain yang sebaiknya Anda lakukan, yaitu menghilangkan kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, dan mengurangi stres.

Ikuti Terus Tips dan Trik Seputar Olahraga Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%