Aries Susanti Rahayu Raih Medali Perak Kejuaran Dunia Panjat Tebing di China

Sabtu, 4 Mei 2019 10:41 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© dok IFSC
Aries Susanti Rahayu mendapatkan medali perak dalam nomor speed putri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing seri Wujian, China (3/5/19) Copyright: © dok IFSC
Aries Susanti Rahayu mendapatkan medali perak dalam nomor speed putri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing seri Wujian, China (3/5/19)

INDOSPORT.COMAries Susanti Rahayu meraih medali perak nomor speed putri dalam Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2019 yang diselenggarakan di Wujian, Tiongkok, pada Jumat (3/5/19).

Atlet panjat tebing andalan Indonesia berusia 24 tahun itu berada di tempat kedua setelah mencatatkan waktu 7,607 detik di partai final. Meski ia meraih medali perak, capaian ini sedikit menurun dari tahun lalu. Di kejuaraan dan tempat yang sama pada 2018, ia berhasil memenangkan medali emas.

Aries takluk di babak final oleh atlet Polandia, Aleksandra Rudzinska, yang mencatatkan waktu 7,313 detik. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh wakil Prancis, Anouck Jaubert, yang mencatatkan 7,516 detik di partai perebutan tempat ketiga. Jaubert merupakan peraih medali perak pada tahun lalu.

Meski belum mampu mempertahankan gelarnya, Aries tetap merayakan raihan medali tersebut bersama pelatih dan sesama rekannya asal Indonesia. Medali perak tersebut adalah raihan pertama Aries dalam seri Kejuaraan Dunia 2019.

Pada perlombaan nomor speed putri seri sebelumnya yang diselenggarakan di Chongqing, Tiongkok (26/4/19), Aries harus mengakui kemenangan Jaubert di babak perempatfinal dengan selisih 0,02 detik.

Kekalahan di Chongqing pada April 2019 lalu membuat Aries kembali gagal mempertahankan raihan medali emas. Pada seri Chongqing 2018, ia dengan gemilang meraih posisi puncak. Prestasi itu pun membuatnya mendapatkan julukan Spiderwoman dari masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Aries dan atlet putri nomor speed Indonesia lainnya akan kembali memperebutkan medali emas dalam tiga seri berikutnya. Nomor speed akan kembali dipertandingkan di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing Villars, Swiss (4-6/7/19), Chamonix, Prancis (11-13/7/19), dan Xiamen, Tiongkok (18-21/10/19).

Ikuti Terus Update Berita Sport Lainnya di INDOSPORT.COM