Bangga! Atlet Indonesia Raih Titel Juara Dunia Panjat Tebing

Sabtu, 27 April 2019 11:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© HUMAS FPTI
Atlet Timnas Alfian M Fajri mewakili Indonesia meraih juara dunia di IFSC Climbing Chongqing, China. Copyright: © HUMAS FPTI
Atlet Timnas Alfian M Fajri mewakili Indonesia meraih juara dunia di IFSC Climbing Chongqing, China.

INDOSPORT.COM – Atlet Indonesia kembali mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional. Kali ini giliran Alfian M Fajri, atlet panjat tebing yang memboyong medali emas di kejuaraan IFSC Worldcup di Chongqing, China, Jumat (26/04/19).

Alfian meraih medali emas di nomor men’s speed world record dengan catatan waktu 5,961 detik, sementara lawan terberatnya, Kostiantyn Pavlenko dari Ukraina, hanya mampu mencatatkan waktu 6,310 detik.

Medali ini cukup berarti bagi Alfian yang baru kali ini memenangkan IFSC worldcup dan langsung meraih gelar juara dunia. Sebelumnya Alfian hanya meraih medali emas di Asian Championship 2018 di Kurayoshi, Jepang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Imam Nahrawi (@nahrawi_imam) on

“Saya terima kasih kepada semua yang telah mendukung. Syukur alhamdulillah kepada Tuhan yang Maha Esa saya bisa maksimal,” ucap Alfian usai meraih kemenangannya.

Pelatih Timnas Panjat Tebing, Hendra Basyir, juga mengungkapkan rasa syukur atas kemenangan Alfian. Namun, ia juga turut melakukan evaluasi terhadap performa beberapa anak asuhnya yang lain.

“Memang secara hasil kita alhamdulillah bisa juara dunia kali ini untuk di putranya, cuma secara overall performa kita belum maksimal.”

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Faisol Rizal menyambut gembira kemenangan Alfian di Chongqing.

“Ini awal bagus bagi timnas. Dan saya percaya pelatih punya strategi agar kita juga bisa bagus di nomor boulder dan lead,” ungkapnya.

Sebelumnya pada tahun 2018, wakil Indonesia di nomor putri, Aries Susanti Rahayu juga meraih gelar juara dunia pertamanya di IFSC Worldcup Chongqing. Video aksinya berlaga di babak final beredar luas hingga mendapat julukan spiderwomen. 

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Olimpik Hanya di INDOSPORT.COM.