Wapres JK Sampaikan Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Jumat, 17 Mei 2019 10:55 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Setelah sukses menggelar Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta, nampaknya Pemerintah Indonesia belum puas akan capaian hal itu. Saat ini pihak yang berwenang terus berusaha untuk dapat menggelar kompetisi multi event olahraga yang lebih besar yakni Olimpiade.

Dalam kunjungannya ke Swiss, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyempatkan diri menggelar pertemuan dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach tentang keinginan Indonesia menjadi penyelanggara event olahraga terbesar di dunia tersebut pada tahun 2032.

Saat menggelar pertemuan tersebut, Jusuf Kalla ditemani Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D. Hadad, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Erick Tohir, dan Muhammad Luthfi.

Saat melakukan pemaparan, Wapres bahwa Indonesia saat ini aktif dalam kegiatan dan forum olahraga internasional yang mendukung tentang sportifitas secara global, netral, tidak diskriminatif, dan mendukung kesetaraan gender.

“Indonesia percaya jika olahraga mampu sebagai wadah yang efektif sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan dan berkontribusi dalam perdamaian,” ujar Wapres di depan Presiden Komite Olimpiade Internasional seperti dilansir melalui Antara.

“Kami juga mengharapkan pertemuan ini untuk membahas pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade XXXV pada tahun 2032,” tambah pria asli Makassar tersebut.

Indonesia sendiri sudah mengirimkan surat Presiden Republik Indonesia kepada Presiden Internasional Olympic Committe (IOC) pada 20 September 2018 tentang pencalonannya sebagai tuan rumah olimpiade.

Saat ini baru tiga negara di Benua Asia yang pernah menjadi penyelanggara Olimpiade yakni Jepang, Korea Selatan, dan China.

Progres Pembangunan Stadion BMW 3 Bulan Pasca Peletakan Batu Pertama

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM