Didakwa Korupsi, Bos BeIN Media Ditahan Kepolisian Prancis

Rabu, 22 Mei 2019 19:35 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Lanjar Wiratri
© INTERNET
Logo saluran olahraga dan sepak bola internasional BeIN Sport. Copyright: © INTERNET
Logo saluran olahraga dan sepak bola internasional BeIN Sport.

INDOSPORT.COM – Chief Executive Officer (CEO) BeIN Media Group Yousel Al-Obaidly ditahan oleh Kepolisian Prancis pada Rabu (22/5/19) setelah didakwa kasus korupsi terkait proses pencalonan Qatar sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik 2019.

Kanal berita Bloomberg melaporkan, pada tanggal 28 Maret lalu Al-Obaidly didakwa melakukan tindakan korupsi. Namun, kerabat dekat presiden klub sepak bola Paris-Saint Germain (PSG), Nasser Al-Khelafi, itu membantah dakwaan tersebut.

“Tuduhan yang diajukan tidak benar dan tidak berdasar. Tapi hal tersebut telah bocor ke media. Untuk menghindari keraguan apa pun, tuduhan itu akan ditentang menggunakan kekuatan hukum penuh,” kata Al-Obaidly dalam sebuah kesempatan.

Meski membantah dakwaan yang dialamatkan padanya, namun Al-Obaidly bersedia mengikuti proses penyelidikan secara sukarela.

“Saya secara sukarela menghadiri pertemuan yang ditunjuk sebagai bagian dari penyelidikan awal,” imbuhnya.

Pada November 2016 lalu, surat kabar Prancis bernama Le Monde mendapatkan dokumen hukum yang menunjukkan bahwa ada seorang mantan pejabat Asosiasi Atletik Internasional (IAAF) menerima uang sebesar 3,5 juta dollar AS atau sekitar Rp50,8 miliar.

Uang itu diberikan oleh investor dari Qatar sebelum pemungutan suara penentuan tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik 2017. Namun pada akhirnya, dalam pemungutan itu, Qatar kalah dari London yang kemudian berhak menggelar Kejuaraan Dunia Atletik 2017.

Tetapi, Qatar kemudian mendapatkan ‘jatah’ tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik 2019 yang akan digelar di Doha pada tanggal 27 September sampai 6 Oktober mendatang.

Proses pemungutan suara yang memenangkan Qatar sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik 2019 itulah yang akhirnya menyeret nama Al-Obaidly di pusaran kasus korupsi.

Di kalangan pelaku media olahraga dunia, nama Yousel Al-Obaidly bukanlah orang sembarangan. Pada akhir 2018 lalu, ia dipercaya sebagai CEO BeIN Media Group oleh Nasser Al-Khelaifi yang kini bertindak sebagai chairman salah satu saluran olahraga terbesar di dunia tersebut.

Terus Ikuti Berita Bola Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%