Luar Biasa! Perempuan Cilik Asal Indonesia Berhasil Kuasai Puncak Dunia

Rabu, 19 Juni 2019 14:27 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dok Pribadi
Khansa Syahlaa 13 tahun pendaki perempuan cilik asal Cibubur yang berhasil mendaki Gunung Kilimanjaro. Copyright: © Dok Pribadi
Khansa Syahlaa 13 tahun pendaki perempuan cilik asal Cibubur yang berhasil mendaki Gunung Kilimanjaro.

INDOSPORT.COM - Ungkapan luar biasa rasanya pantas untuk disematkan ke perempuan Indonesia berusia 13 tahun ini. Dia adalah Khansa Syahlaa yang berhasil menaklukan puncak gunung tertinggi di Afrika.

Usia belia nampaknya tidak ingin dihabiskan Khansa untuk bersama anak seusianya. Perempuan cilik ini justru mengikuti sang ayah untuk menjajakan kaki di puncak gunung Kilimanjaro yang memiliki ketinggian 5895 meter di Tanzania.

"Hujan yang mengguyur setiap hari dan medan yang cukup sulit menjadi tantangan tersendiri bagi Khansa. Saat mencapai ketinggian 2750 meter, Khansa bahkan sempat mengalami muntah dan mual karena masih menyesuaikan dengan tubuhnya," ujar Aulia Ibnu, ayah Khansa sesuai rilisan yang diterima INDOSPORT.

Hal ini pun sempat membuat Ibnu untuk membatalkan pendakian usai melihat kondisi putrinya. Namun Khansa tetap bersemangat untuk menaklukan salah satu puncak dunia ini. Hal ini pun didukung oleh sang ayah yang juga menemaninya di olahraga ekstrim itu.

Siswi kelas 7 An Nahl Islamic School Cibubur ini mengambil rute Machame yang menghabiskan waktu tujuh hari perjalanan. Medan yang sulit juga memberikan tantangan tersendiri bagi Khansa.

Meskipun mengalami tantangan yang cukup berat, usaha kerasnya terbayar sudah karena berhasil menaklukan puncak Kilimanjaro. Pencapaian luar biasa ini terlihat dari raut bahagianya ketika berhasil menaklukan puncak tertinggi di Afrika ini bersama sang ayah.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Aulia Ibnu (@aulia_summiters) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aulia Ibnu (@aulia_summiters) pada

Mendaki gunung tertinggi ini tentu bukanlah hal yang mudah bagi Khansa yang baru berusia 13 tahun. Langkah persiapan yang matang pun sempat dilakukan untuk mengantisipasi kondisi ekstrem dalam perjalanan menuju puncak Kilimanjaro itu.

Selain latihan fisik seperti push up, sit up, lari, dan naik turun tangga dirinya juga sempat melakukan latihan berupa pendakian ke beberapa gunung di Indonesia seperti Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Arjuno.

Dampak persiapan matang ini sekaligus membuatnya berhasil menaklukan berbagai puncak gunung lainnya. Sebelum Kilimanjaro dirinya juga sempat menaklukan puncak Carstenz Pyramide dengan ketinggian 4848 meter tahun 2017 lalu.

Dua gunung itu sendiri merupakan program 7 summit yang diikuti Khansa. Program ini bertujuan menaklukan tujuh puncak tertinggi di dunia.

Usai menaklukan dua puncak gunung itu Khansa telah siap untuk tantangan barunya seperti Denali (6194 m), Vinson (4892 m), Elbrus (5642 m), Puncak Jaya (4884 m), dan Everest (8848 m).