Keren! Berusia 10 Tahun, Gadis Cilik Ini Jadi Pendaki Termuda

Rabu, 19 Juni 2019 12:06 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Di usianya yang baru menginjak 10 tahun, Selah Schneiter berhasil menjadi pendaki termuda yang mencapai puncak bebatuan terjal The Nose, di Taman Nasional Yosemite, California.

The Nose yang merupakan salah satu formasi batuan vertikal yang paling menantang dan terkenal di El Capitan itu berhasil dilalui oleh Selah bersama ayahnya, Mike Schneiter dan rekan karibnya, Mark Regier.

Untuk mencapai puncak tertinggi, ketiganya harus mendaki dengan rute penuh yang berlangsung selama lima hari, termasuk harus mengindap selama semalam dengan berkemah.

Menurut kabar berita olahraga dari ABC News, Selah juga harus melewati medan terjal dan curam setinggi 3 ribu kaki atau setara dengan 914 meter.

Namun tak heran jika Selah memiliki keberanian serta kemampuan mendaki yang apik lantaran sang ayah merupakan seorang pemandu dan instruktur bersertifikasi American Mountain Guides Association.

Keberhasilan Selah dalam mencapai puncak The Nose berhasil melewati rekor yang dicatatkan oleh Scott Cory yang pernah menjadi pendaki termuda yang mendaki rute yang sama di El Capitan pada 2011 saat berusia 11 tahun.

Sebelum pendakian di El Capitan, Selah telah mendaki lebih dari 5 ribu kaki atau 1,500 meter ke puncak Monumen Kemerdekaan di Colorado saat berusia tujuh tahun.