Menpora Sarankan PON XX Tak Hanya Sekadar Jadi Even Olahraga

Sabtu, 22 Juni 2019 21:16 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Yohanes Ishak
© Sudjarwo/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit

INDOSPORT.COM - Even Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua tahun 2020 mendatang disarankan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi tak hanya sekadar menjadi even olahraga saja.

Menurut Menpora, PON XX juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata Papua, dimana Papua memang terkenal dengan banyak destinasi wisata eksotis.

"Karenanya, sejak jauh hari ini harus dipersiapkan betul, tolong ini harus disampaikan ke Pak Gubernur. Ini dilakukan agar ada pertandingan berskala internasional tidak hanya di Jawa, tapi juga di Papua,” ujar Menpora.

“Orang datang ke Papua tidak hanya untuk menikmati PON, tetapi menikmati keindahan Papua 'tanah surga' semua keindahan ada di sini, tinggal kita memastikan mata dunia harus menoleh ke Papua," tambahnya.

Karena itu, Menpora menyarankan agar pemerintah Provinsi Papua tak hanya menyiapkan segala infrastruktur dan venue olahraga, tetapi juga mempersiapkan transportasi dan juga fasilitas lainnya untuk memperkenalkan destinasi-destinasi wisata di Papua.

"Promosi harus dialokasikan dengan baik, utamanya oleh PB PON dan Pemprov Papua. Selain di Bandara Sentani, di seluruh bandara tanah air harus sudah ada space promosi.”

“Agar tidak hanya promosi venue yang akan dibangun, tapi juga promosi destinasi wisata. Sehingga orang datang ke Papua tidak hanya melihat atlit bertanding, tetapi juga menikmati wisata," jelasnya.

Sementara soal infrastruktur, Menpora mengaku sudah sangat puas dengan kinerja Kementerian PU dan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota.

"Venue-venue kita pasti terbaik, tinggal bagaimana nanti venue disiapkan dengan baik, harus ada badan pemerintah yang dibentuk untuk mengelola sehingga bisa dirawat dengan baik, dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber daya PON.”

“Cukup banyak pengalaman pasca PON venue tidak terawat, saya tidak mau menyebut di sini tapi itu menjadi tanggung jawab kita semua," tutup Menpora Imam Nahrawi terkait PON XX yang akan digelar di Papua tahun 2020 mendatang.