Dikucuri Dana Fantastis, Begini Target Komite Paralympic Indonesia

Selasa, 25 Juni 2019 11:41 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva, Tempo.co | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Abdurrahman Ranala/Indosport.com
Penampakan kantor National Paralympic Committee (NPC) Indonesia. Copyright: © Abdurrahman Ranala/Indosport.com
Penampakan kantor National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

INDOSPORT.COM - Dikucuri dana fantastis, Ketua Paralimpiade Nasional (National Paralympic Committee/NPC), Senny Marbun angkat bicara soal target menuju Paralimpiade 2020.

Seperti diketahui, Kemenpora telah memberikan dana sebesar Rp119 miliar kepada NPC untuk Pelatnas dan uji coba. Senny pun mengakui bahwa saat ini NPC tengah serius mengincar poin untuk kualifikasi menuju Paralimpiade Tokyo 2020.

Mereka pun sudah memproyeksi lima cabang olahraga untuk lolos ke turnamen penyandang disabilitas dunia tersebut. Lima Cabor tersebut di antaranya ialah angkat berat, bulu tangkis, atletik, tenis meja, dan sepeda.

"Sejauh ini yang kami cari masih poin, belum punya target," ujar Senny di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Senin (24/06/19) kemarin.

Senny pun menyebutkan bahwa dari kelima Cabor tersebut, ia sangat optimis kalau Cabor bulutangkis sangat berpeluang besar meraih medali, mengingat di turnamen Irlandia Open 2019 kemarin, atletnya berhasil menyabet gelar juara umum dengan torehan 5 emas dan 3 perunggu.

"Tidak bermaksud mendahului, tetapi semoga kami bisa bawa emas di bulu tangkis," pungkasnya.

Selanjutnya, dana sebesar Rp 119 miliar akan dioptimalkan para atlet untuk meraih medali di ASEAN Paragames Manila 2020 dan merebut tiket ke Paralimpiade Tokyo 2020.