Termasuk PBSI, Inilah 6 Organisasi Cabor yang Terima Sertifikat Akreditasi dari BSANK

Selasa, 25 Juni 2019 01:32 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Abdurrahman Ranala
© Indosport.com
Logo Kemenpora. Copyright: © Indosport.com
Logo Kemenpora.

INDOSPORT.COM - Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) memberikan sertifika akreditasi kepada enam organisasi cabang olahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Keenam organisasi tersebut adalah Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Persatuan Angkat Besi/Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABBSI), Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI), PB Muaythai Indonesia, dan Persatuan BMX Indonesia.

"Kami berharap melalui akreditasi ini, kami ingin organisasi menjadi lebih visioner dan memiliki minat yang kuat untuk lebih meningkatkan profesionalisme terhadap organisasi dan olahraga yang dibawahi," ujar Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Yuni Purwanti, dikutip dari media ANTARA News.

Keenam cabang olahraga tersebut diakui Yuni masih menerima nilai B dan C, sementara untuk yang mendapat nilai A masih belum ada.

Ia pun menambahkan bahwa sampai saat ini proses pemberian akreditas masih dilakukan dengan cara BSANK mendatangi organisasi cabang olahraga, serta belum mewajibkan organisasi cabang olahraga untuk melakukan akreditasi.

Dengan demikian, terhitung sudah ada 10 organisasi cabang olahraga yang telah mendapat status akreditasi dari BSANK. Sebelum keenam organisasi tersebut, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSSI), dan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) yang sudah mendapat sertifikasi lebih dulu sejak tahun 2017.