Paralimpiade 2020: Kemenpora Gelontorkan Dana Ratusan Miliar ke Komite Paralympic

Selasa, 25 Juni 2019 11:44 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva, Tempo.co | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport.com
Kemenpora mengucurkan dana fantastis ke NPC untuk Pelatnas dan Uji Coba jelang Kualifikasi Paralimpiade 2020. Copyright: © Indosport.com
Kemenpora mengucurkan dana fantastis ke NPC untuk Pelatnas dan Uji Coba jelang Kualifikasi Paralimpiade 2020.

INDOSPORT.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelontarkan dana ratusan miliar kepada Komite Paralimpiade Nasional (National Paralympic Committee/NPC) menjelang ASEAN Paragames Manila 2020 dan kualifikasi Paralimpiade 2020.

Dana sebesar Rp119 miliar diberikan Kemenpora kepada NPC untuk menunjang persiapan para atlet disabilitas menuju dua turnamen akbar tersebut.

Imam Nahrawi pun memberikan pujiannya kepada NPC yang sudah menggelar pemusatan latihan nasional (Pelatnas) bahkan sebelum pemerintah memberikan dana.

"Inisiatif yang sangat bagus dari NPC. Mereka tidak semata-mata menunggu bantuan pemerintah. Tekad yang sangat luar biasa," ujar Imam di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (24/06/19) kemarin.

Imam juga menyebutkan bahwa Kemenpora sama sekali tidak dimintai dana oleh NPC selama mereka menggelar pelatnas. Dengan demikian ia berharap dengan cairnya dana dari pemerintah, para atlet bisa lebih terbantu dalam melakukan uji coba.

Senny Marbun selaku ketua NPC menyebutkan bahwa pihaknya gembira memeroleh bantuan dana dari pemerintah dan akan digunakan dengan semaksimal mungkin untuk Pelatnas dan uji coba atlet.

"Kami memang sudah menggelar Pelatnas sejak Januari 2019 dan mereka memang harus mengikuti uji coba karena sedang mengejar poin ke Paralimpiade 2020," ujar Marbun.

Salah satu cabang olahraga yang sejauh ini sudah diikuti untuk mencari poin ke Paralimpic 2020 adalah bulutangkis, dimana atlet para-bulutangkis berhasil menyabet 5 emas dan 3 perunggu di turnamen Irlandia Open yang diselenggarakan 17-23 Juni 2019 dan sukses menjadi juara umum.