Komunitas Sehat

Lebih Seru dari Nge-gym, Ini Manfaat Crossfit untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 29 Juni 2019 20:48 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
© Cosmas Bayu Agung Sadhewo/INDOSPORT
Jemima Djatmiko pimpin workout crossfit. Foto: Cosmas Bayu/INDOSPORT Copyright: © Cosmas Bayu Agung Sadhewo/INDOSPORT
Jemima Djatmiko pimpin workout crossfit. Foto: Cosmas Bayu/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Dalam beberapa tahun terakhir, jenis olahraga crossfit semakin digemari di Indonesia. Crossfit semakin populer karena jenis latihan fisik tersebut membuat orang bisa berolahraga di mana saja, tanpa harus ke gym atau tempat fitness.

Layaknya olahraga fisik jenis lain, crossfit juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, crossfit juga bisa melatih fokus dan daya tahan tubuh seseorang.

“Crossfit bisa dilakukan semua orang, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Semua gerakan di crossfit bisa disederhanakan sesuai dengan level kebugaran seseorang,” kata Jemima Djatmiko dalam acara workout bareng bersama komunitas olahraga di Yogyakarta, Sabtu (29/6/19).

Jemima yang dinobatkan sebagai Wanita Terkuat di Indonesia menambahkan, crossfit cocok bagi siapa saja karena jenis latihan tersebut bisa dilakukan secara bertahap.

“Sebagai contoh kita bisa melakukan angkat beban dengan menggunakan ban. Kita bisa mulai dengan ban yang ringan lalu bertahap sampai dengan yang paling berat. Yang penting konsisten,” imbuh Jemima.

Meski sama-sama latihan fisik, namun crossfit menjadi lebih menyenangkan dibanding latihan di gym atau fitness center karena bisa dilakukan di luar ruangan dan boleh menggunakan alat apa saja.

“Crossfit adalah latihan fungsional, jadi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja,” papar wanita pemilik gelar The Fittest Woman in Indonesia tersebut.

Manfaat latihan crossfit juga dirasakan oleh peserta workout yang berasal dari komunitas-komunitas olahraga di Yogyakarta.

“Kesan pertama melakukan crossfi pasti seru. Rasanya berbeda dengan latihan di gym. Latihan ini memang lebih capek dibanding dengan gym biasa karena gerakannya sangat banyak. Tapi itu semua seru,” ujar Dani, salah satu peserta workout dari Komunitas Fitness Lembah UGM.

Acara workout bareng Jemima Djatmiko sendiri digelar di Lapangan Karang, Yogakarta, Sabtu (29/06/19).

Selain diikuti oleh komunitas olahraga di Yogyakarta, acara tersebut juga dihadiri oleh tim basket Bima Perkasa Jogja yang ikut meramaikan acara.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%