Komunitas Sehat

4 Olahraga untuk Kamu yang Pemalas, Bisa Dilakukan Sambil Nonton TV

Minggu, 30 Juni 2019 16:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© elbalonrosa
Nives Celsius tengah bersantai sambil membaca sebuah buku. Copyright: © elbalonrosa
Nives Celsius tengah bersantai sambil membaca sebuah buku.

INDOSPORT.COM – Bagi sebagian orang, olahraga adalah sebuah aktivitas yang menyita cukup banyak waktu dan menguras tenaga, sehingga ada beberapa orang yang melewatkan kesempatan untuk berolahraga, dan memilih untuk duduk atau berbaring di rumah sembari menonton televisi.

Padahal gaya hidup pasif seperti itu justru memiliki resiko lebih tinggi terhadap kesehatan, misalnya meningkatnya kemungkinan penyakit jantung.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika ingin tetap sehat meski malas melakukan aktivitas?

Tenang saja, karena kali ini portal media olahraga INDOSPORT.com akan memberikan saran berupa empat olahraga yang cocok untuk dilakukan meski tengah dalam kondisi malas.

1. Jalan Kaki

Tak perlu jalan jauh-jauh jika ingin menjaga kondisi tetap fit, cukup dengan bangkit dari tempat duduk dan berjalan seperlunya, seperti misalnya ke toilet atau bagian rumah lainnya.

Namun tentu saja lebih dianjurkan untuk berjalan ke luar rumah, seperti misalnya ke warung atau mengelilingi komplek perumahan pada pagi atau sore hari. Tidak terlalu berat, bukan?

2. Push Up dan Sit Up

Tidak perlu memberikan target minimal push up dan sit up sebanyak ratusan kali seperti seorang pegiat workout profesional, kamu cukup melakukannya sebanyak sepuluh kali di setiap harinya.

Aktivitas ini dapat dilakukan bahkan di sela-sela iklan saat kamu menonton televisi, dan jumlahnya dapat ditingkatkan seiring konsistensi kamu melakukannya setiap hari.

3. Stretching Kaki

Duduk berjam-jam di depan televisi atau marathon menyaksikan drama Korea, tentu badan menjadi pegal dan tidak nyaman jika ingin melakukan aktivitas lainnya. Nah, ada sejumlah cara untuk mengembalikan kondisi tubuhmu, yakni salah satunya melalui stretching kaki.

Adapun yang harus dilakukan misalnya burpee, membuka kaki selebar bahu dan berjongkok dengan tangan berada di lantai, lalu kedua kaki ditendang ke belakang hingga seperti posisi push up. Selanjutnya kaki ditarik kembali dan mengambil posisi berdiri untuk melompat ke udara.

Cara lainnya untuk melakukan peregangan setelah marathon di depan televisi adalah dengan skipping atau bisa juga squat. Aktivitas ini juga bisa dilakukan saat ada jeda iklan.

4. Naik-Turun Tangga

Rumah kamu ada tangganya? Manfaatkan untuk menjaga kesehatan dengan cara naik-turun tangga secara rutin. Selain untuk membakar kalori, naik-turun tangga juga bermanfaat untuk menurunkan resiko stroke, menyehatkan jantung, menguatkan otot, dan segudang manfaat kesehatan lainnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%