Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Bola Tangan, Kalimantan Selatan Dapat Pujian dari Kemenpora

Minggu, 7 Juli 2019 12:49 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Indonesia (tengah) mendapat penjagaan ketat dari pemain Singapura. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Indonesia (tengah) mendapat penjagaan ketat dari pemain Singapura.

INDOSPORT.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan pujian mereka pada provinsi Kalimantan Selatan yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan bola tangan se-Kalimantan Selatan U-15 dan U-17 yang akan diselenggarakan di GOR Borneo Banjarmasin, 5-7 Juli 2019.

Melui perwakilan Kemenpora bidang even daerah, Rosi Nurasjati, Kemenpora berharap melalui kejuaraan ini, Kalsel dapat menelurkan bibit-bibit atlet cabor bola tangan yang dapat diturunkan di timnas nantinya.

Menurut Rosi, antusias anak muda yang mengikuti turnamen ini sangat tinggi, sehingga sangat besar kemungkinan jika bakal ada atlet muda berbakat yang akan terlahir melalui kompetisi ini.

Cabang olahraga bola tangan di Indonesia sendiri baru kembali bangkit sejat kembali digelarnya cabor tersebut di turnamen Asian Games 2018 silam.

"Orang-orang yang mencintai olahraga ini mulai muncul dan berkembang pesat kembali di banyak daerah, termasuk Kalimantan Selatan," ujar Rosi dilansir dari situs berita ANTARA.

Rosi juga mengatakan bahwa cabor bola tangan sejatinya sudah pernah berjaya di Indonesia dan pernah dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Cabang olahraga bola tangan pernah dipertandingkan kalau tidak salah di PON 1951, setelah itu vakum lama dan akhirnya mulai bangkit kembali. Semoga di Kalimantan Selatan ini akan terlahir banyak atlet andalan yang akan memperkuat timnas," pungkasnya.

Indonesia sendiri saat ini sudah memiliki Timnas Bola Tangan yang rencananya akan mulai mengikuti pertandingan persahabatan di China fan rencananya cabor ini juga akan dipertandingkan di PON 2020 Papua.