Pemprov Jateng Diharapkan Bisa Ramaikan Asean School Games 2019

Sabtu, 20 Juli 2019 03:02 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diminta menyusun cara agar dapat meramaikan penyelenggaraan ASEAN School Games (ASG) Ke-11 tahun 2019 di Semarang yang menggelar kompetisi di sembilan cabang olahraga.

"Berkaca dari pengelolaan kegiatan Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta, bagaimana seluruh 'venue' bisa penuh oleh masyarakat yang menyaksikan pertandingan, siapapun itu yang sedang bertanding. Kami ingin ASG ini juga seperti itu, menjadi kegiatan yang luar biasa," jelas, Muh Zen, selaku Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Ia memberikan contoh strategi yang dapat dilaksanakan agar meramaikan ASG 2019 adalah dengan menyituasikan pelajar SMA/SMK sederajat agar dapat melihat jalannya setiap laga. 

Tak hanya itu, diharapkan juga agar menciptakan transportasi gratis dan terintegrasi menuju "venue" serta "antarvenue" supaya para pelajar tidak kesulitan untuk menonton pertandingan yang digelar.

Dengan menonton secara langsung pertandingan kelas internasional, diharapkan ada motivasi untuk berolahraga dan gaya hidup sehat yang mengalir ke masyarakat, terutama pelajar.

"Mumpung ini juga masih awal masuk sekolah. Bisa bus dinas dikoordinasi memberikan fasilitas itu," lanjutnya seperti dilansir dari Antara.

Sekedar mengingatkan, Provinsi Jawa Tengah menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASG 2019 dengan mempertandingkan cabang olahraga bulu tangkis, basket, atletik, voli, tenis meja, sepak takraw, tenis lapangan, pencak silat, hingga renang.

Terkait tugas Pemprov Jateng dengan adanya ASG 2019, Muh Zen memberikan sejumlah catatan tentang publikasi dan promosi yang dirasa kurang banyak dilakukan untuk masyarakat.

Dia juga menilai Pemprov Jateng perlu untuk melibatkan seluruh kabupaten/kota di Jateng untuk ikut serta meramaikan ASG 2019.

"Promosi, publikasi perlu untuk digencarkan, serta koordinasi dengan seluruh pihak yang terkait, mulai dari dinas hingga pemerintah kabupaten/kota untuk turut serta dalam ASG 2019," katanya.

Asean School Games 2019 sendiri digelar di Semarang dari tanggal 17 hingga 25 Juli 2019 mendatang.