Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade, Ini Kata Erick Thohir

Minggu, 28 Juli 2019 11:20 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Erick Thohir, selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), mengatakan bahwa dirinya telah mendapatkan surat dari International Olympic Committee (IOC) perihal Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade. Copyright: © Getty Images
Erick Thohir, selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), mengatakan bahwa dirinya telah mendapatkan surat dari International Olympic Committee (IOC) perihal Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade.

INDOSPORT.COM- Baru-baru ini, Erick Thohir, selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), mengatakan bahwa dirinya telah mendapatkan surat dari International Olympic Committee (IOC) perihal pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Erick menuturkan surat yang berasal langsung dari Presiden IOC tersebut menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang sangat positif pergerakannya dalam menjalankan nilai-nilai Olimpiade, yakni persatuan, persaudaraan dan kesetaraan.

"Ya, saya rasa kan tadi spesial lah kita dapat surat juga dari Presiden IOC yang menyatakan Indonesia adalah negara yang sangat positif pergerakan kedepannya."

"Apa itu, bagaimana Indonesia bisa mengeratkan persatuan, persaudaraan juga kesetaraan di mana itulah nilai-nilai dari Olimpiade," ucapnya saat dijumpai awak media.

Dengan adanya tanggapan positif dari pihak IOC, Erick pun menjelaskan peluang Indonesia dalam bursa pencalonan tuan rumah Olimpiade bergantung dari animo masyarakatnya sendiri. Ia memberi contoh Olimpiade musim dingin 2026 yang diselenggarakan di Milan-Stockholm.

"Dan yang terpenting juga kan ini masyarakat. Karena apa? Untuk pemilihan tuan rumah Olimpiade berikutnya itu sendiri hal itu penting. Ada yang namanya referendum. Seperti Olimpiade musim dingin yang sudah diterapkan tahun 2026 antara Milan dan Stockholm, di mana rakyat Milan yang mau ada Olimpiade 85 persen. Sedangkan Stockholm cuma 55 persen."

"Nah, ini juga bisa dilihat bahwa apa yang Olimpiade lakukan yang rakyatnya mau Olimpiade, bukan pemimpin negaranya, pemimpin kotanya," lanjutnya.

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia telah resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 pada bulan Februari lalu. Pengajuan ini diberikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, kepada Presiden IOC, Thomas Bach, di Lusanne, Swiss.

Pihak IOC sendiri menanggapi pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade ini dengan positif, terlebih selepas kesuksesan Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Indonesia beberapa waktu yang lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%