Komunitas Sehat

5 Cara Tak Biasa untuk Membakar Kalori

Kamis, 22 Agustus 2019 22:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Wallpapersite.com
Ilustrasi workout. Copyright: © Wallpapersite.com
Ilustrasi workout.

INDOSPORT.COM - Setiap menit tubuh Anda membakar kalori dengan melakukan apa saja. Jika tingkat kalori yang Anda bakar bervariasi berdasarkan usia, berat badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas, tubuh Anda membutuhkan sejumlah kalori tertentu setiap hari untuk mempertahankan fungsi tubuh. Ini adalah tingkat metabolism basal (BMR).

Namun tak perlu pusing untuk memikirkan olahraga berat apa saja yang harus dilakukan untuk membakar kalori. Nyatanya, aktivitas sehari-hari juga bisa menimbulkan efek yang sama.

Berikut trik lima cara tidak biasa untuk membakar kalori Anda, sebagaimana dilansir dari laman Thelist.com.

1. Bergerak-gerak karena Gelisah

Banyak di antara kita yang tidak sadar, sering mengetukkan jari-jari di atas meja atau menggoyang-goyangkan kaki karena cemas atau bosan. Dan bergerak karena gelisah ini rupanya sama dengan membakar kalori!

Sangat mungkin Anda dapat membakar hingga 350 kalori ekstra per hari dengan aktivitas ini, sebagaimana informasi yang dipelajari di Iowa State University.

Jika Anda duduk sambil gelisah sepanjang hari, Anda bisa membakar sekitar 600 kalori lebih banyak daripada jika Anda duduk tanpa bergerak sepanjang hari. Berdiri dan gelisah meningkatkan kalori yang terbakar hingga hampir 950 kalori lebih banyak daripada tidak bergerak.

2. Belanja

Menurut Departemen Nutrisi Universitas Hawaii, berjalan melalui toko dengan santai sejauh 3 kilometer per jam membakar sekitar 200 kalori untuk orang yang berat badannya di kisaran 68 kilogram. Semakin Anda bersemangat maka akan membakar lebih banyak kalori.

3. Seks

Para peneliti dari University of Montreal menemukan jumlah tepat kalori yang kita bakar selama berhubungan seks: pria membakar 100 kalori dalam sesi seks rata-rata, sementara wanita mengeluarkan 69 kalori. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan dalam "hubungan" aktif, semakin banyak kalori yang terbakar.

4. Bermain
Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Harvard Medical School, menonton TV atau membaca membakar sekitar 35 kalori per jam; dan melakukan permainan Sudoku, atau apa pun yang membutuhkan konsentrasi tinggi atau aktivitas otak, totalnya mencapai 110 kalori per jam.

Artikel Harvard mencatat bahwa mengambil permainan di luar meningkatkan metabolisme bahkan lebih. Bermain dengan anak-anak selama 20 menit membakar 78 kalori.

5. Tertawa

Tertawa memberi tubuh seperti "latihan aerobik mini." Ini menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, mengirimkan sejumlah besar darah ke seluruh tubuh.

Tertawa membakar kalori dengan menyebabkan detak jantung Anda naik 10 hingga 20 persen. Saat detak jantung Anda meningkat karena cekikikan, metabolisme Anda juga meningkat, yang berarti Anda akan terus membakar kalori begitu Anda berhenti tertawa. Ini adalah kardio pamungkas.

Penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center mengungkapkan bahwa tertawa selama sepuluh hingga 15 menit membakar antara sepuluh dan 40 kalori. 

Tertawa lepas selama satu jam dapat membakar kalori sebanyak yang dibutuhkan untuk mengangkat berat badan selama 30 menit, demikian temuan para ilmuwan yang sama. Jadi, tertawalah yang banyak!

Penulis: Karina Kusuma Wijaya

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%