Alasan Unik Ade Rai yang Memilih Terjun ke Dunia Binaraga

Selasa, 27 Agustus 2019 00:46 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Juni Adi
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Momen Ade Rai usai mencoblos di Pemilu 2019 di TPS kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Momen Ade Rai usai mencoblos di Pemilu 2019 di TPS kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

INDOSPORT.COM - Siapa sangka salah satu atlet kebanggaan Indonesia, Ade Rai ternyata memiliki alasan yang unik dan menarik saat mulai terjun ke dunia binaraga.

Tidak terasa, terhitung sudah selama 35 tahun Ade Rai mengukir prestasi dan berkarya dalam bidang olahraga yang mengandalkan kekuatan ini.

Lantas, sebenarnya apa sih yang menjadi titik mulai Ade Rai menjadi binaragawan? Berikut cerita Ade Rai kepada INDOSPORT.

"Titik mulai saya memilih Binaraga sebagai olahraga yang saya tekuni adalah ketika saya merasa memiliki kelebihan dari segi kekuatan," cerita Ade kepada INDOSPORT, Minggu (25/08/19).

Dari kecil, Ade sudah menyadari bahwa ia sudah memilik kemampuan di atas rata-rata teman-teman seusianya.

"Tiap kali lari, saya merasa kok saya lebih cepat dari orang lain, lalu tiap kali loncat saya kok lebih tinggi, dan ketika saya mendorong sesuatu atau adu kekuatan dari yang lain ternyata saya lebih kuat daripada yang lain," kenang pria berdarah Bali tersebut.

"Di momen itulah saya berpikir, kalau saya terjun di olahraga yang mengandalkan kekuatan saya pasti bisa punya prestasi yang baik," tambahnya.

Sebelum terjun ke binaraga, Ade lebih dulu terjun menjadi atlet panco. Dari sana, ia terus berlatih angkat beban sampai bentuk badannya semakin kekar dan jadi sehingga ia memutuskan untuk serius membesarkan namanya di dunia binaraga Indonesia.

"Puluhan tahun di binaraga, saya memang terlihat seolah-olah konsisten ya. Padahal itu semua karena saya sudah paham bahwa hidup sehat begini sebagai binaragawan itu menyenangkan," jelasnya.

"Intinya adalah pemahaman, kalau sudah paham maka disiplin dan kepatuhan akan mengikuti," pungkasnya terkait rahasia konsistennya selama 35 tahun berkarya di dunia binaraga.