Komunitas Sehat

3 Tips Sederhana Cegah Kenaikan Berat Badan, Demi Diet Sukses!

Sabtu, 7 September 2019 15:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© ScienceABC
Jika ingin punya tubuh ideal, makan harus dijaga. Copyright: © ScienceABC
Jika ingin punya tubuh ideal, makan harus dijaga.

INDOSPORT.COM - Diet atau menurunkan berat badan menjadi ideal kerap kali dinilai sebagai hal yang sulit untuk dilakukan, dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan bentuk tubuh impian.

Namun sulitnya melakukan diet seakan tidak setimpal dengan mudahnya menaikkan berat badan. Kebiasaan mengonsumsi cemilan, jarang bergerak, dan stres karena pekerjaan adalah beberapa faktor yang dapat dengan mudah menaikkan angka timbangan.

Lantas, bagaimana cara untuk mencegah naiknya berat badan agar diet tidak gagal? Berikut tipsnya untuk Anda.

1. Siapkan Cemilan Sehat

Seseorang yang melakukan diet tentu tidak dilarang untuk mengonsumsi cemilan, asal apa yang dikonsumsi memiliki kandungan kesehatan dan tidak tinggi gula, serta tidak tinggi lemak jenuh yang berdampak pada kenaikan bobot tubuh.

Mengacu pada American Heart Association, pilihan cemilan sehat yang disarankan untuk pejuang diet adalah buah-buahan segar, cracker dan gandum, kacang-kacangan, yogurt rendah lemak, popcorn, serta keju rendah lemak.

2. Stres? Jangan Lampiaskan dengan Makanan

Tak bisa dipungkiri, saat seseorang mendapatkan stress, pelampiasan utama yang biasa dilakukan adalah dengan banyak makan, khususnya makanan berat.

Tentu ada alternatif lain untuk meredakan stress meski tanpa menambah porsi makan, misalnya yoga dan jogging yang jelas bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

3. Tetap Aktif Bergerak

Gerakan-gerakan sederhana namun rutin dilakukan, memiliki dampak besar karena bisa mencegah naiknya berat badan. Sebelum memulai aktivitas sehari-hari, di sela-sela istirahat, dan setelah menuntaskan pekerjaan harian adalah waktu yang tepat untuk diisi dengan olahraga ringan.

Lakukan gerakan fisik yang sederhana saja, seperti misalnya berjalan kaki atau bersepeda, naik-turun tangga, melakukan peregangan, dan lain-lain.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%