Bola Internasional

Stadion Gelora Bung Tomo Berpeluang Jadi Venue Piala Dunia

Kamis, 19 September 2019 17:12 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter@emosijiwakucom
Fasilitas tempat duduk pemain di Stadion Gelora Bung Tomo. Copyright: © Twitter@emosijiwakucom
Fasilitas tempat duduk pemain di Stadion Gelora Bung Tomo.

INDOSPORT.COM - PSSI Jawa Timur punya agenda padat dalam beberapa hari ini, yakni berusaha agar Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) lolos dalam venue Piala Dunia U-20. PSSI Jawa Timur pun melakukan verifikasi sendiri dan hasilnya bakal dikirim ke PSSI Pusat dan FIFA.

"Kami tetap optimis Stadion Gelora Bung Tomo ini bisa mewakili Jawa Timur sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Kemarin kami sudah melakukan verifikasi dan hasilnya telah kami kirim ke FIFA," ujar Sekretaris PSSI Jawa Timur, Amir Burhannudin, Kamis (19/9/19).

"Semua kita verifikasi kita kirim apa adanya ke FIFA soal kondisi stadion yang kita ajukan, mulai dari lampu, rumput, ruangan untuk tim dan media, akses masuk dan kondisi jalan menuju stadion," tambah Amir.

Sementara itu Indonesia dalam bidding-nya untuk maju sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 nanti, mengajukan 10 stadion sebagai venue.

Adapun ke-10 stadion yang diajukan sebagai Piala Dunia adalah Stadion Gelora Bung Karno, Pakansari, Wibawa Mukti, Patriot, Si Jalak Harupat, Manahan, Mandala Krida, I Wayan Dipta, Gelora Bung Tomo, dan Jakabaring.

Namun, dari ke-10 stadion tersebut hanya lima stadion yang disurvei terkait kondisi dan kesiapan menggelar Piala Dunia U-20. Adapun kelima stadion itu SUGBK, Wibawa Mukti, Mansala Krida, Manahan Solo, I Wayan Dipta. 

FIFA sendiri berkeliling ke beberapa stadion yang direkomendasikan untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 nanti. Didampingi Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, Mereka mulai melakukan survei sejak 16 September 2019 dan berakhir pada 19 September 2019 mendatang.