Jadi Pengganti Imam Nahrawi, Ini 3 Fakta Mengejutkan Hanif Dhakiri

Jumat, 20 September 2019 16:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© elshinta.com
Menteri Tenaga Kerja, Muhammad Hanif Dhakiri. Copyright: © elshinta.com
Menteri Tenaga Kerja, Muhammad Hanif Dhakiri.

INDOSPORT.COM - Muhammad Hanif Dhakiri resmi ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk saat ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kepada awak media di Istana Negara, Jumat (20/09/19) siang.

Hanif Dhakiri menggantikan posisi Imam Nahrawi yang sebelumnya telah menyatakan mundur ke Presiden Jokowi dari kursi jabatan Menpora.

Sebelumnya Imam Nahrawi resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dana hibah dari pemerintah untuk KONI oleh KPK.

Hanif Dhakiri sendiri merupakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Berikut ini kami rangkum fakta-fakta Hanif Dhakiri. 

1. Mengurusi Olahraga Sejak di DPR

Sebelum menjadi Menteri Ketenagakerjaan, Hanif pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PKB mewakili Jawa Tengah khususnya wilayah Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

Ia bertugas Komisi X DPR RI yang mengurusi masalah Pendidikan, Olahraga, Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan. 

2. Menteri yang Suka Sidak

Saat menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan, Hanif terkenal berkat gebrakannya dengan melakukan inspeksi mendadak beberapa tempat, antara lain ke salah satu penampungan TKW di Tebet, Terminal TKI di Cengkareng, dan Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja di Bekasi.

Ketegasannya ini pun diharapkan ditularkan saat mengemban sebagai Plt. Kemenpora. 

3. Sama-sama Kader PKB

Sama seperti Imam Nahrawi, Hanif Dhakiri juga berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa. Sudah umum dalam perpolitikan multipartai bahwa seorang menteri diganti oleh orang lain dalam satu payung partai yang sama. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%