Hindari Kabut Asap, Atlet Muay Thai Malaysia ‘Mengungsi’ ke Thailand

Sabtu, 21 September 2019 19:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Ilustrasi Olahraga Muay Thai Copyright: © Getty Images
Ilustrasi Olahraga Muay Thai

INDOSPORT.COM – Tiga atlet Muay Thai remaja asal Malaysia, Nur Amisha Azrilrizal, Mohamad Rifdean Masdor dan Ha Ze Xiang terpaksa diungsikan ke Thailand karena tak bisa berlatih dalam suasana kabut asap yang melanda Malaysia.

Padahal, ketiganya akan diturunkan dalam Kejuaraan Dunia Remaja Muay Thai 2019 di Turki, 28 September hingga 6 Oktober mendatang, sehingga perlu berlatih keras di bawah asuhan pelatih kepala, Bernard Radin.

Bencana kabut asap memang tengah melanda Indonesia dan Malaysia akibat kebakaran hutan karena musim kemarau yang panjang. Hal ini tentu berdampak pada kondisi kesehatan atlet, sehingga Malaysia memilih untuk mengungsikan para olahragawan tersebut.

“Saya menemani mereka bertiga ke Thailand pada 13 September lalu untuk berlatih di sana, dan kembali pada hari Senin karena mereka juga akan menghadapi SPM (Sertifikat Pendidikan Malaysia),” jelas pelatih Bernard Radin, seperti dikutip dari laman Berita Harian.

“Kalau untuk latihan di sini (Malaysia), cuaca kabut asap yang parah menyebabkan masalah kesehatan, jadi saya memutuskan untuk membawa mereka kembali ke Thailand dan kembali Senin ini,” tambahnya.

Namun ketika ditanya mengenai persiapan tiga atlet muay thai remaja tersebut, Bernard mengatakan jika persiapan telah dilangsungkan untuk mencapai target menjuarai turnamen di berbagai nomor yang dipertandingkan.

“Persiapannya sangat baik bagi saya, karena ini adalah turnamen yang kami tuju dari awal, saya yakin mereka bertiga akan melakukan yang terbaik. Ketika sampai pada tujuan, tentu saya berharap mereka membuat prestasi tertinggi untuk mengharumkan nama Negara,” tutupnya.