Komunitas Sehat

3 Tips Sehat dan Produktif untuk Mahasiswa dan Anak Kos

Kamis, 3 Oktober 2019 11:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© piah.com
Ilustrasi Orang Berlari dengan Kaki Menghadap ke Atas Copyright: © piah.com
Ilustrasi Orang Berlari dengan Kaki Menghadap ke Atas

INDOSPORT.COM – Menjadi seorang mahasiswa identik dengan gaya hidup ala kadarnya, khususnya mahasiswa yang memutuskan untuk tinggal terpisah dari orang tua atau tinggal di kos. Namun, anak kos juga tak menutup kemungkinan untuk menjalani gaya hidup sehat.

Memasuki tahun ajaran baru, tentu semakin banyak mahasiswa baru yang memutuskan untuk tinggal di kos dan mencoba hidup mandiri. Tinggal terpisah dari orang tua sedikit banyak akan berdampak pada sisi kesehatan.

Mulai dari manajemen keuangan bulanan yang memaksa seorang mahasiswa harus melakukan penghematan hingga menunda untuk makan, serta sulitnya mengatur waktu untuk olahraga karena banyaknya tugas dan jadwal kuliah yang cukup padat.

Berikut ini portal media olahraga INDOSPORT.com merangkum tiga tips sehat untuk mahasiswa dan yang berstatus sebagai anak kosan.

1. Rutin Sarapan

Meski kerap kali menunda untuk makan karena pertimbangan keuangan, namun tips terbaik bagi seorang mahasiswa yang tinggal di kos adalah rutin sarapan pagi, yang bermanfaat untuk meningkatkan fokus sepanjang hari.

Berbagai pilihan sarapan yang bisa dikonsumsi oleh mahasiswa misalnya roti dan telur yang mengandung karbohidrat dan protein, serta sereal yang tidak perlu repot untuk dimasak. Buah-buahan juga bisa menjadi pengisi perut di pagi hari.

2. Sering Minum Air Putih

Di tengah padatnya jadwal perkuliahan dan organisasi, mahasiswa tetap harus mempertimbangkan asupan gizi, dan tidak harus mengkonsumsi kopi setiap hari. Sebagaimana diketahui jika air putih memiliki peran penting untuk tubuh, namun juga mudah didapat dan murah.

Air putih bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan juga menghilangkan dehidrasi. Alangkah baiknya jika air putih sendiri menjadi bekal ke kampus dan selalu tersedia di kosan untuk menghemat pengeluaran dan tetap menjaga lingkungan.

3. Olahraga Ringan

Siapa bilang menjadi mahasiswa tak punya waktu untuk berolahraga? Padahal seseorang hanya perlu meluangkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa melakukan olahraga ringan yang berdampak pada kualitas kesehatan.

Tidak perlu datang ke gym untuk sekedar berolahraga, sebab berjalan kaki dari kos ke kampus pun juga bisa dikatakan sebagai olahraga ringan. Lingkungan kos juga bisa menjadi lokasi untuk berolahraga, misalnya jogging.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%