Olahraga dan Mainan Daerah Khas Kalimantan Selatan Curi Perhatian di Gebyar Haornas 2019

Jumat, 6 September 2019 18:56 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Olahraga dan mainan daerah khas Kalimantan Selatan curi perhatian di Gebyar Haornas 2019. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Olahraga dan mainan daerah khas Kalimantan Selatan curi perhatian di Gebyar Haornas 2019.

INDOSPORT.COM - Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 diharapkan berlangsung meriah di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Setidaknya rangkian pesta Haornas 2019 berlangsung selama empat hari mulai 6 hingga 9 September mendatang.

Rentetan pemerintahan Haornas 2019 di Banjarmasin mulai tampak dalam kegiatan Gebyar Haonas 2019. Berpusat di Duta Mall Banjarmasin berbagai olahraga dan mainan tradisional mampu mencuri perhatian. 

Bahkan Deputi III Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, tak segan mencoba mainan tradisional Banjarmasin, Batogo. Tak hanya itu, museum olahraga nasional juga menjadi primadona dalam kegiatan tersebut.

Isnanta ingin setidaknya hadirnya museum olahraga dan permainan tradisional khas Banjarmasin dapat menambah kemeriahan Haornas 2019.

"Pameran ini dilakukan dalam rangka Haornas ini adalah upaya untuk memeriahkan perayaan Haornas kepada masyarakat. Museum Olahraga Nasional juga ikut menjadi bagian dalam pameran nanti dan kita bisa sama-sama datang ke Museum Olahraga Nasional itu,” kata Isnanta.

"Semoga masyarakat Banjarmasin teredukasi dengan adanya Gebyar Haornas 2019," tambah Isnanta.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur Sahbirin Noor mengaku bangga dipercaya menjadi tuan rumah Haornas. Dia mengatakan tak ingin mengecewakan masyarakat olahraga atas kepercayaan tersebut. 

"Olahraga bisa jadikan generasi yang sportif, dekat dengan kejujuran. Karena itu, saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk bergerak dan berolahraga. Karena olahraga itu modal untuk sejahtera," tutup Sahbirin Noor.

Soal keunikan penyelenggaraan dari Haornas sebelumnya, Sahbirin Noor mengatakan pihaknya akan menyuguhkan konsep berbeda. Bila biasa Hornas berlangsung di Stadion kali ini ia ingin ada konsep lain dengan mengusung tema Seribu Sungai maka akan menggelar puncak Haornas di Menara Pandang Siring yang terletak di tepi Sungai Martapura.