Jadi Menpora, Zainudin Amali Pernah 2 Kali Terseret Kasus di KPK

Rabu, 23 Oktober 2019 08:45 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© sports.okezone.com
Calon kuat Menpora, Zainuddin Amali saat datang ke Istana Negara, Selasa (22/10/19). Copyright: © sports.okezone.com
Calon kuat Menpora, Zainuddin Amali saat datang ke Istana Negara, Selasa (22/10/19).

INDOSPORT.COM - Zainudin Amali mencuat sebagai calon kuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Kabinet Presiden Joko Widodo, namun namanya pernah dua kali terseret kasus di KPK.

Zainudin Amali menjadi nama ke-10 yang merapat ke Istana Negara untuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo pada Selasa (22/10/19). Pria kelahiran Gorontalo 16 Maret 1962 itu dirumorkan bakal mengisi pos Menpora dalam sususan kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Dengan latar belakang politik sebagai Kader Partai Golkar, nama Zainudin Amali memang masih cukup asing di telinga masyarakat olahraga Indonesia. Namanya justru sempat dua kali mencuat dalam dua kasus korupsi yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kasus pertama adalah ketika nama Zainudin Amali disebut terkait kasus suap sengketa Pemilihan Kepala Daerah yang membuat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar, dihukum penjara seumur hidup

Zainudin Amali diduga melakukan komunikasi dengan Akil Mochtar perihal pengurusan sengketa Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada 2014.

Dalam kasus itu, Zainudin Amali mengakui bahwa dirinya memang benar sempat berkomunkasi, tapi membantah bahwa Akil Mochtar meminta Rp10 miliar untuk memenangkan pasangan calon Soekarwo-Syaifullah Yusuf. 

"Tidak ada negosiasi, (arahan itu) seperti sedang bercanda-bercanda begitu," ujar dia setelah diperiksa di KPK, kala itu, dikutip dari Tempo.

Kasus kedua di KPK yang menyeret nama Zainudin Amali berkaitan dengan korupsi di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dengan tersangka Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karno.

Dalam kasus tersebut, KPK bahkan sempat mengeledah kediaman Zainudin Amali yang kala itu menjabat sebagai anggota DPR untuk mencari sejumlah bukti.

Juru bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya juga tak membantah bahwa Zainudin pernah terseret kasus dan menjalani pemeriksaan oleh KPK. 

"Memang ada beberapa nama yang kita tahu terkait dengan beberapa kasus korupsi yang pernah ditangani KPK, bahkan ada yang pernah masuk di komunikasi tersangka yang diperdengarkan di persidangan," kata Febri dalam keterangan tertulisnya ke Tempo, Selasa, (22/10/19).

Perihal calon Menpora di Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Zainudin Amali sendiri bukan satu-satunya yang sempat dirumorkan. Sebelumnya ada Agus Yudhoyono dan Erick Thohir yang juga sempat dipanggil ke Istana Negara.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%