4 Atlet Olahraga Dunia yang Menderita Bipolar Seperti Marshanda

Kamis, 21 November 2019 17:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada empat atlet olahraga ternama dunia yang pernah mengidap penyakit bipolar, seperti artis cantik Marshanda.

Sekarang ini Marshanda tengah menjadi bahan berbincangan publik lantaran mengaku kalau penyakit bipolar yang diidapnya belum sembuh.

Bahkan dalam penuturan Marshanda kalau dirinya harus mengonsumsi obat setiap hari agar bisa mengontrol emosi yang kerap melanda tiba-tiba.

Marshanda pun ditangani hingga dua dokter khusus (satu dari Jakarta dan satunya lagi asal Amerika Serikat) untuk menangani penyakit bipolar.

Menurut laman Alo Dokter kalau Bipolar merupakan gangguan kondisi kejiwaan yang membuat penderitanya mengalami perubahan emosi drastis.

© Instagram@Andriani Marshanda
Andriani Marshanda. Copyright: Instagram@Andriani MarshandaArtis cantik Indonesia Andriani Marshanda yang menderita gangguan bipolar.

Tiap emosi atau gejala yang dialami penderita, baik mania mau pun depresi, dapat berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Bipolar ternyata tak hanya dialami oleh masyarakat biasa saja. Lantaran ada sejumlah tokoh terkenal, seperti atlet olahraga yang mengidap Bipolar.

Maka dari itu berikut deretan atlet olahraga yang menderita penyakit bipolar. Simak.

1. Johnny Manziel

© Joe Robbins/AAF/Getty Images
Johnny Manziel. Copyright: Joe Robbins/AAF/Getty ImagesPemain NFL dunia Johnny Manziel.

Salah satu pemain klub National Football League (NFL) Memphis Express Johnny Manziel, pernah mengakui dirinya menderita gangguan bipolar.

Hal tersebut Johnny ungkapkan pada 12 Februari 2018. Dilansir ESPN, Manziel telah mengidap bipolar selama setahun lebih.

Bahkan Johnny melakukan segala terapi dengan caranya sendiri untuk bisa kembali bermain NFL. Hasilnya, Manziel bisa kembali berkiprah sebagai atlet.

2. Delonte West

© Visual China Group via Getty Images
Delonte West. Copyright: Visual China Group via Getty ImagesEks pemain basket dunia Delonte West.

Kemudian ada salah satu pemain basket dunia,yang juga pernah jadi rekan Lebron James, Delonte West diketahui pernah mengidap penyakit bipolar.

Dilansir laman Slate kalau West sempat vakum untuk beberapa waktu dari dunia basket, namun usai berkonsultasi dengan dokter dirinya bisa kembali fokus.

Ungkapan tentang bipolar yang dialami West dilontarkan pada 4 Juni 2014. Pada musim tersebut, West tengah bermain untuk Shanghai Sharks.

3. John Konrads

© KEYSTONE-FRANCE/Gamma-Rapho via Getty Images
Murray Rose, John Konrads, George Breen saat Olimpiade Musim Panas 1960, Roma, Italia. Copyright: KEYSTONE-FRANCE/Gamma-Rapho via Getty ImagesMurray Rose, John Konrads, George Breen saat Olimpiade Musim Panas 1960, Roma, Italia.

Selanjutnya ada mantan atlet renang gaya bebas kelahiran Australia John Konrads yang juga diketahui pernah menderita penyakit bipolar.

Hal itu terungkap ketika Konrads didiagnosis ganggunan bipolar pada 2001 silam oleh psikiater Profesor Gordon Parker.

Dilansir laman The Sydney Morning Herald, baru pada 2004 Konrads mengumumkannya dan memberikan pengetahuan kepada publik soal bagaimana menangani bipolar.

4. Paul Gascoigne

© fourfourtwo
Paul Gascoigne menangis usai dikartu kuning di pertandingan semifinal Piala Dunia 1990 Copyright: fourfourtwoPaul Gascoigne menangis usai dikartu kuning di pertandingan semifinal Piala Dunia 1990.

Terakhir ada atlet sepak bola dunia asal Inggris Paul Gascoigne yang juga pernah mengidap penyakit bipolar. Hal itu diketahui usai dirinya mengeluarkan buku pada 2006.

Mantan gelandang timnas Inggris ini memiliki masalah yang begitu kompleks selain bipolar. Sebab dirinya juga mengalami masalah ketergantungan kepribadian akut yang membuatnya depresi.

Dilansir Independent, kehidupan Gascoigne benar-benar jatuh. Bahkan hingga akhir 2017 Eks Newcastle United ini belum bisa keluar dari masalahnya.