Profil Negara SEA Games 2019: Malaysia

Minggu, 24 November 2019 15:35 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Profil Sea Games 2019 Malaysia. Copyright: © INDOSPORT
Profil Sea Games 2019 Malaysia.

INDOSPORT.COM – Malaysia menjadi salah satu negara favorit untuk menjadi juara umum SEA Games 2019 di Filipina yang akan dihelat 20 November-11 Desember, berikut profil lengkapnya.

SEA Games merupakan pesta olahraga terakbar se Asia Tenggara di mana sebanyak 11 negara akan berpartisipasi dalam acara dua tahunan itu. Indonesia masuk dalam ajang SEA Games 2019 di Filipina tersebut.

Selain Thailand yang memang sudah menjadi musuh bebuyutan bagi Indonesia, ternyata Malaysia juga masuk dalam kategori musuh yang harus dikalahkan. Dalam tabel perolehan medali emas SEA Games sejak pertama kali dihelat.

Jumlah medali emas Malaysia ternyata berada di bawah Indonesia dengan perbandingan 1248 dan 1752. Memang cukup jauh tetapi melihat rivalitas Malaysia dan Indonesia yang sudah mengakar, jelas bahwa kontingen dari negeri jiran patut diwaspadai.

Apalagi di edisi sebelumnya pada 2017, Malaysia menjadi juara umum dengan perolehan 145 medali emas.

Meskipun kini SEA Games dilangsungkan di Filipina, Malaysia dengan total 795 atlet tentu tetap mengincar status juara umum mengingat mereka baru merasakan itu 2 kali.

Cabang Olahraga Unggulan: Aquatics

Untuk itu, Malaysia sedang menggeber persiapan dengan fokus pada cabang olahraga unggulan yang dapat mendulang banyak medali emas. Salah satu cabang olahraga unggulan dari Malaysia adalah aquatics.

Terkhusus untuk kategori olahraga diving atau menyelam yang di SEA Games 2017 lalu menjadi lumbung medali emas. Tercatat dari total 13 medali emas yang diperebutkan, Malaysia berhasil menyabet 12 di antaranya dengan sisanya menjadi milik Singapura.

Diving memang selama ini menjadi cabang olahraga unggulan Malaysia di pesta olahraga baik itu tingkat regional Asia Tenggara maupun Asia. Untuk sapu bersih semua medali emas, Malaysia akan berharap banyak pada atlet unggulannya yaitu Ooi Tze Liang.

Atlet Unggulan: Ooi Tze Liang

© ooitzeliang_official Sudah Diverifikasi
Ooi Tze Liang atlet diving Malaysia Copyright: ooitzeliang_official Sudah DiverifikasiOoi Tze Liang atlet diving Malaysia

Lahir di Penang pada 1993, Ooi Tze Liang tumbuh dan berkembang menjadi atlet menyelam profesional dan berprestasi dari Malaysia. Berbagai penghargaan berhasil dimenangkan oleh Ooi Tze Liang di kejuaraan diving.

Mulai dari medali perak di Asian Games 2010 dan 2014 hingga 9 medali emas di SEA Games sejak keikutsertaannya pada 2013 lalu.

Di SEA Games 2019 nanti, Ooi Tze Liang akan diturunkan sebagai pemain utama di kategori diving pada cabang aquatics nanti di SEA Games 2019.

“Atlet penyelam kita untuk SEA Games telah latihan dengan konsisten demi target kami yaitu 4 emas,” ungkap pelatih diving Malaysia, Christian Brooker, seperti yang dinukil dari New Strait Times.

Rencananya, Brooker ingin menempatkan Ooi Tze Liang dengan Chew Yiwei di nomor sinkronisasi. Bagi Indonesia tentu pasangan Malaysia yaitu Ooi Tze Liang dan Chew Yiwei akan menjadi musuh utama atlet diving Indonesia nanti di SEA Games 2019.